Rabu, 24 April 2024

Pramuka Perekat Persatuan dan Kesatuan

Berita Terkait

Bupati Karimun Aunur Rafiq dan Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim foto bersama anggota pramuka usai acara peringatan HUT ke-57gerakan Pramuka di Kwarran Kundur, Selasa (14/8). F. Rohani untuk batampos.co.id

batampos.co.id – Bupati Karimun Aunur Rafiq memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-57 gerakan Pramuka di Kwartir Ranting Kundur di Stadion Mini, Tanjungbatu Kota, Selasa (14/8).

”Pendidikan kepramukaan ya­ng mendasarkan Panca Satya dan Dasa Dharma harus benar-be­­nar tertanam di setiap insan Pra­­muka sebagai pedoman be­r­sikap dan berperilaku,” ujar Ra­fiq.

Rafiq mengatakan, gera­­k­a­n Pra­muka yang tersebar hi­­ngga pelosok desa menjadi gar­­da terdepan memperekat per­satuan dan kesatuan ba­ngsa. Gerakan Pramuka sebagai wadah pendidik karakter kaum muda dan calon pemimpin masa depan bagi bangsa Indonesia, harus berperan dalam mendidik generasi milenial dewasa ini.

“Pramuka itu harus berani, disiplin, riang, taat, dan patuh. Gerakan pramuka sebagai organisasi pendidik jangan terlibat dalam politik praktis,” tegas Rafiq.

Untuk itu ia mengimbau orang tua dan guru tidak ragu dan bimbang memberi kesempatan sekaligus dukungan kepada putra-putrinya untuk mengikuti kegiatan kepramukaan di masing-masing gugus depan. Karena kegiatan kepramukaan sangat besar manfaat yang didapat sekaligus dapat menghindari terjerumusnya pergaulan yang negatif.(ims)

Update