Jumat, 29 Maret 2024

Ratusan e-KTP Tak Bisa Cetak

Berita Terkait

Petugas merapihkan KTP warga yang sudah jadi.
Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Ratusan pengajuan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) di Kecamatan Sekupang tidak bisa dicetak. Kondisi ini sudah berlangsung sejak dua minggu lalu. Hal ini dikatakan Sekretaris Camat (Sekcam) Sekupang, Delferi, Selasa (14/8).

Ia menjelaskan penyebab tidak bisa diprosesnya pengajuan e-KTP karena kekosongan alat penunjang mesin cetak e-KTP. Alat yang disebut reborn tersebut hanya ada di pusat, sehingga daerah hanya bisa menunggu kedatangan alat yang sudah dipesan tersebut. “Info dari Disdukcapil alatnya hanya ada di pusat,” sebutnya.

Hingga saat ini, pihaknya sudah memberikan penjelasan kepada pemohon yang ingin mengurus e-KTP mereka. Kekosongan ini bukan disengaja melainkan karena permasalahan dari pusat. “Kami tetap terima pengajuan namun untuk kapan waktu jadinya masih belum tahu,” ujar Delferi.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdikcapil) Batam, Said Khaidar mengakui pencetakan e-KTP memang tengah terkendala karena kekosongan alat pada mesin cetak. Ia menyebutkan, saat ini sudah meminta tambahan ke pusat, agar ratusan pengajuan yang tertunda bisa diselesaikan dengan segera.

“Alatnya memang harus dari pusat. Ada film dan reborn yang kosong. Semoga secepatnya lah bisa dikirim,” ujarnya.

Said menambahkan pihaknya juga telah melaporkan hal ini kepada pimpinan. Oleh sebab itu, dia berharap warga bisa bersabar hingga alat tersebut datang dan e-KTPnya bisa dicetak.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat ada jawaban dari pusat,” tutupnya.

Selain permasalahan tersebut, saat ini ketersedian blanko juga telah menipis. Pihaknya telah mengajukan penambahan namun belum ada jawaban. “Ini juga yang mau kami jemput, semoga bersamaan kami juga bisa mendapatkan alat pendukung untuk cetak,” tutupnya.(yui)

Update