Mantan Wakapolri Komjen Syafruddin (Desyinta Nuraini/ JawaPos.com)

batampos.co.id – Sesaat sebelum dilantik menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Wakapolri Komjen Pol Syafruddin telah resmi mengundurkan diri.

Surat pengunduran diri tersebut dilayangkannya kepada Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Selasa (14/8).

“Mekanisme sudah dilakukan, kemarin Pak Wakapolri waktu itu sudah melayangkan surat pengunduran diri selaku anggota Polri dan otomatis juga jabatan sudah tidak melekat dari beliau,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divhumas Mabes Polri Brigjen Pol Muhammad Iqbal di kantornya, Rabu (15/8).

Surat pengunduran diri itu disetujui Tito dan langsung dikirimkan ke Presiden Joko Widodo.

“Artinya hari ini Pak Komjen Syafruddin sudah tidak lagi sebagai anggota Polri,” tegas Iqbal.

Pejabat tinggi Polri yang bakal menjadi Wakapolda Jatim itu mengatakan, pengunduran diri Syafruddin juga berarti bahwa jenderal bintang tiga tersebut pensiun sebelum waktunya. Adapun dia harusnya pensiun pada tahun depan.

“Jadi pengunduran diri bahasanya adalah pensiun dini walaupun beliau masih tersisa sampai bulan Mei tahun depan,” jelas Iqbal.

Sementara itu, Polri katanya bangga ketika pejabatnya dipilih untuk menempati posisi menteri. Apalagi di bawah pimpinan Jokowi.

“Bersyukur dan selamat Polri bangga putra terbaik Bhayangkara Polri dipilih sebagau menteri kabinet Jokowi,” pungkas Iqbal.

(dna/JPC)

Advertisement
loading...