Perdana Menteri India Narendra Modi memberikan pidato kemerdekaan terakhirnya pada Rabu, (15/8). Dalam pidatonya, ia mengumumkan peluncuran misi awak luar angkasa pada 2022 (Wire)

batampos.co.id – Perdana Menteri India Narendra Modi mengumumkan peluncuran misi awak luar angkasa pada 2022.

Iklan

Dalam pidaton kemerdekaan terakhirnya pada Rabu, (15/8/2018) Modi menjelaskan mengenai pencapaian selama masa pemerintahannya di tengah isu-isu sulitnya lapangan pekerjaan dan peningkatan kekerasan pada kaum Muslim di India. Ia juga mengumumkan perencanaannya untuk membawa bendera India bersamaan dengan para awak misi luar angkasa.

Rencana misi luar angkasa tersebut membawa India ke dalam daftar empat negara pertama yang melakukan misi luar angkasa setelah negara-negara lain. Tercatat bahwa beberapa bulan setelah Modi terpilih sebagai Perdana Menteri pada 2014, India telah menjadi negara di Asia yang pertama kali mencapai Planet Mars.

Untuk misi tersebut India menghabiskan dana kurang lebih sebanyak USD 47 juta. Modi menyebutkan, India sangat bangga memiliki para ilmuwan yang telah berhasil melakukan penelitian secara rinci dan mengembangkan inovasi yang sangat luar biasa.

“Jika memungkinkan pada tahun 2022 India akan membentangkan bendera di angkasa raya,” kata Modi.

Banyak kritik yang menilai citra Modi telah rusak setelah terjadinya kekerasan terhadap para peternak Muslim dan akibat goncangan ekonomi meskipun Modi mempunyai banyak inisiatif. Bahkan Kongres India saat menyatukan oposisi untuk menentang Modi. Namun kritik tersebut tak menyurutkan Modi untuk tetap maju.

(am1/JPC)