Dirjen PKTrans M. Nurdin (istimewa)

batampos.co.id – Direktorat Pengembangan Kawasan Transmigrasi (PKTrans) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) tengah menggalakkan program revitalisasi yang bertema Wajah Baru Kawasan Transmigrasi.

Dengan begitu, transmigrasi tidak hanya menjadi suatu program perpindahan penduduk, tetapi juga mengubah sejumlah wilayah yang sebelumnya merupakan daerah terisolasi menjadi daerah berkembang seiring dengan kedatangan para transmigran.

Dirjen PKTrans M. Nurdin mengungkapkan, program transmigrasi dengan konsep baru ini diupayakan menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kemiskinan serta ketimpangan sosial dan spasial.

“Saat ini masih dirasakan sebaran penduduk Indonesia hanya terpusat di Pulau Jawa, Sumatera, dan sebagian ke-cil di Sulawesi. Karena itu, dengan skema atau konsep baru ini, sebarannya harus merata hingga ke wilayah Indonesia Timur,” ujar Nurdin saat ditemui di kantor Kemendes PDTT baru-baru ini.

Dia menjelaskan, dalam menjalankan konsep tersebut, Kemendes PDTT tentu tidak akan sendiri. Pihaknya akan bersinergi dengan berbagai program prioritas yang dimiliki kementerian dan lembaga lainnya. Dengan demikian, setiap kawasan transmigrasi mampu mengembangkan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) hingga berskala ekonomi besar.

Kemendes PDTT juga akan memberikan penghargaan kategori Transmigran Teladan yang dipilih dari seluruh Indonesia. Penghargaan itu merupakan bentuk apresiasi pemerintah kepada transmigran yang mampu mengembangkan dan mendukung kawasan transmigrasi mandiri.

(srs/JPC)

Advertisement
loading...