KAL Bunguran, menambah kekuatan armada patroli Lanal Ranai. Terlihat KAL Bunguran sedang berada di perairan Natuna, Rabu (15/8). F. Aulia Rahman/batampos.co.id

batampos.co.id – Kapal Angkatan Laut (KAL) Bunguran resmi beroperasi di Lanal Ranai, Rabu (15/8). Kapal tersebut menambah kekuatan armada patroli di wilayah Natuna.
Peresmian pengoperasian KAL Bunguran ditandai dengan tepung tawar yang dihadiri Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal dan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD).

Danlanal Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setyawan mengatakan, beroperasi KAL Bunguran di Lanal Ranai, menambah kekuatan armada yang sebelumnya sudah mengoperasikan KAL Sengiap dan KAL Panda.

”Alhamdulillah, Lanal Ranai sudah memiliki tiga KAL, hal ini merupakan perhatian dari pemerintah akan pentingnya keamanan di perairan Natuna. Tidak semua wilayah Lanal memiliki tiga unit KAL,” kata Danlanal.

Ke depannya Lanal Ranai akan terus menambah kekuatan alutsistanya. Begitu juga jumlah personel maupun materiil. Danlanal mengharapkan, dalam pengamanan laut Natuna dapat melibatkan peran serta masyarakat, mengingat masih kurangnya perangkat pemerintah di Natuna, se-perti belum terdapatnya pela-yanan Bea dan Cukai.

”Pengamanan laut Natuna butuh kerja ekstra keras, wila­yah lautnya luas, hanya dua persen darat. Sementara KAL ini diberikan kewenangan beroperasi sejauh 12 mil lepas pantai,” ujarnya.

Lanal Ranai juga memiliki peran membantu nelayan lokal. Terutama dalam pengamanan zonasi wilayah tang­kap. Seperti yang diatur bersama KKP, nelayan dari luar Natuna tidak diizinkan menangkap hingga 12 mil lepas pantai.(arn)