Alumni Wawasan Kebangsaan Bela Negara angkatan IV mengibarkan bendera Merah Putih raksasa ukuran 10×15 meter di depan Coastal Area, Rabu (15/8). F. Tri Haryono/batampos.co.id

batampos.co.id – Menyambut Hari Ulang tahun (HUT) RI ke-73, alumni Wawasan Kebangsaan Bela Negara angkatan IV mengibarkan bendera Merah Putih raksasa ukuran 10×15 meter di depan Coastal Area, Rabu (15/8).

”Selain mengibarkan bendera Merah Putih berukuran raksasa, kita juga memasang bendera ukuran 5×8 meter di pinggir laut. Bendera raksasa ini bisa dilihat dari berbagai sudut kota, baik laut maupun darat,’’ kata Jhon Vito Yunan, salah satu alumni Wawasan Kebangsaan Bela Negara anggatan IV Kepri.

Kegiatan tersebut, lanjutnya, un­tuk mengingatkan kepada mas­yarakat khususnya para ge­nerasi muda akan perjuang­an para pahlawan dalam mere­but kemerdekaan dari penja­jah. Bagaimana sulitnya para pejuang mengibarkan bendera Merah Putih di bumi Indonesia. ”Bisa dilihat oleh anak-anak, inilah bendera Indonesia Merah Putih,” ungkapnya.

Selain itu, pihak alumni juga menyiapkan spanduk terkait empat pilar kebangsaan. Yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal itu dilakukan sebagai edukasi terhadap para generasi muda maupun anak-anak yang berkunjung ke taman tersebut. ”Ini bukan untuk gagah-gagahan tapi kebersamaan dalam mengisi kemerdekaan. Apalagi daerah kita berbatasan langsung dengan negara luar. Ini bukti nyata bahwa Kabupaten Karimun kondusif dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika,” ujarnya. (tri/adv)