batampos.co.id – Polsek Dabo Singkep melalui kegiatan Unit Bimbingan Masyarakat (Bimas) menggandeng Mahasiswa Umrah di Kabupaten Lingga menggelar Sosialisasi Tentang Kesadaran Bela Negara Dalam Rangka Membangun Karakter di SMA Negeri 1 Dabo Singkep, Kamis (16/8) pagi.

Dalam kesempatan itu, Kapolsek Dabo Singkep Iptu Muhammad Chanifa, didampingi Kanit Bimas Bribka Rijalul Fikri menerangkan, bela negara tidak hanya mengangkat senjata, kegiatan ini juga bukan hanya tugas Pemerintah semata. Namun kegiatan bela negara merupakan tugas setiap komponen bangsa dan pemerintah.

“Pemerintah dan seluruh komponen bangsa dapat mengkondisikan agar setiap komponen bangsa sadar akan bela negara bahkan sejak dini,” ujar Chanifa.

Selain itu, Kapolsek yang akrab disapa Chanif itu menambahkan, tindakan nyata bagi pelajaran dalam usaha bela negara yakni dengan bentuk perbuatan antaranya tidak terlibat dengan masalah penyimpangan narkoba, tidak tawuran, tidak mabuk-mabukan, tidak berbuat onar, baik di sekolah maupun di lingkungan luar sekolah, tekun belajar berprestasi dan aktif dalam kegiatan ektrakulikuler yang membangun.

Dalam kegiatan yang sama, Karmila, salah seorang perwakilan Mahasiswa Umrah menyampaikan kata sambutan dengan fokus dalam pembahasan bela negara. Bela negara yang disampaikan Karmila menilik dari tiga alasan yakni alasan historis, geografis dan alasan demografis sehingga penting bagi setiap warga negara untuk melakukan tindakan bela bangsa.

“Kami juga menyampaikan permohonan maaf jika ada kekurangan dalam kegiatan ini,” ujar Karmila.

Kegiatan uang di gelar di Aula SMA Negeri 1 Dabo Singkep ini dimulai pukul 10.00 WIB diikuti puluhan peserta baik dari Polsek Dabo maupun sejumlah siswa SMA Negeri 1, juga diikuti oleh sejumlah Mahasiswa Umrah yang melakukan KKN di Dabo Singkep. (wsa)

Advertisement
loading...