Bendera Merah Putih berjejer di sepanjang Coastal Area Karimun, kemarin. F. Tri Haryono/batampos.co.id

batampos.co.id – Menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 RI, Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Karimun menyelenggarakan berbagai kegiatan masyarakat di Coastal Area. Mulai perlombaan jong, panjat pinang, hingga balap karung.

Kegiatan dimulai dengan perlombaan jong di Pantai Pelelewan oleh Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim, Kamis (16/8). ”Kegiatan ini sebagai hiburan masyarakat sekaligus menyemarakan HUT ke-73 RI,” kata Kepala Dispar Kabupaten Karimun Zamri, kemarin.

Kegiatan tersebut, lanjut Zamri, juga sebagai ajang untuk mempererat tali silaturahmi dan keber­samaan warga. ”Walaupun hadiahnya tidak besar, tapi rasa kebersamaan dan kekompakan dalam meraih hadiah itu yang menjadi seru,’’ tuturnya.

Selain lomba, Jumat (17/8) malam pihaknya juga akan menyelenggarakan festival reog di Coastal Area. Rentetan kegiatan ter­sebut selain meng-hibur diharapkan bisa mendong­krak ekonomi. Terutama para pedagang yang ber­jualan di area Coastal Area.

”Mudah-mudahan bi­sa mendongkrak wisatawan luar negeri. Sebab, ne­gara tetangga biasanya berkunjung ke Karimun,’’ ujarnya.

Pantauan di lapangan, kemeriahan hari kemerdekaan RI begitu terasa di Coastal Area. Ratusan bendera merah putih berkibar di sepanjang kawasan yang menjadi salah satu tempat wisata di Karimun tersebut.(tri)