batampos.co.id – Batam kini memiliki perguruan tinggi berbasis pendidikan islam pertama. Perguruan tinggi tersebut bernama Institut Agama Islam Abdullah Said yang berdiri di lahan Yayasan Hidayatullah, Batuaji Batam.

“Untuk saat ini ada tiga fakultas di institut ini, yakni Fakultas Tarbiyah, Fakultas Ekonomi Syariah dan Fakultas Syariah, ” kata Ustad Jamaluddin Nur, Kamis (16/8).

Nama dari institut ini terinspirasi dari perintis Yayasan Hidayatullah yakni Abdullah Said. Untuk saat ini, perguruan tinggi ini memiliki dua gedung utama, yakni gedung rektorat dan gedung perkuliahan yang terdiri dari delapan kelas.

“Perkuliahan akan dimulai pada 1 September mendatang dengan target kami menjaring 120 mahasiswa,” tambahnya.

Ia mengatakan kuota sudah tercapai saat ini dengan mahasiswa dan mahasiswi yang berasal dari Batam dan daerah luar Batam. Bahkan ada juga yang datang dari luar Kepri seperti dari Aceh dan Palembang.

“Sebagai tenaga pengajar, kami mempersiapkan 36 dosen dengan tingkat pendidikan setara magister. Dan bagi yang datang dari luar kota bisa menginap di asrama,” jelas Ustad Jamal lagi.

Keberadaan perguruan tinggi setara institut ini mutlak diperlukan bagi pelajar muslim untuk menjawab tantangan zaman. “Kami ingin menjawab tantangan zaman untuk memberikan pendidikan dengan tujuan untuk menciptakan pendidikan islam berkarakter,” ungkapnya.(leo)

Advertisement
loading...