Murid SDIT Tunas Cendekia mengikuti perlombaan perayaan HUT ke-73 Kemerdekaan RI, Kamis (16/8). (F. SDIT Tunas Cendekia untuk Batam Pos)

batampos.co.id – Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Tunas Cendekia menggelar beragam lomba untuk memeriahkan dan menyemarakkan perayaan HUT ke-73 Kemerdekaan RI, Kamis (16/8).

Lomba ini diselenggarakan agar anak-anak SDIT Tunas Cendekia meneladani sifat para pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. ”Ada makna penting yang dapat diambil selama lomba ini,” kata Kepala SDIT Tunas Cendekia Sutanto, Kamis (16/8).

Menurut dia, sifat-sifat patriotisme, tanggung jawab, pantang menyerah, dan menjunjung sportivitas dapat di-tumbuhkan melalui berbagai permainan yang diselenggarakan. ”Jadi, lomba ini tidak hanya senang-senang saja, tapi kami ingin mengajarkan kepada anak-anak sejak dini bagaimana meneladani sikap pahlawan. Agar mereka tumbuh menjadi pribadi yang baik,” tuturnya.

Sutanto mengatakan gelaran lomba menyambut HUT RI sering dilaksanakan di SDIT Tunas Cendekia. Namun, setiap tahunnya lomba yang diadakan berbeda. Tahun ini, lomba yang diselenggarakan, yakni mewarnai, balap karung, membawa kelereng, tarik tambang, dan lari estafet.

”Adanya lomba ini mengajak anak-anak agar tubuhnya bergerak,” ucapnya.

Peserta lomba ini mulai dari kelas satu hingga kelas enam. Untuk persiapan lomba ini sendiri, menurut Sutanto, dibantu pihak komite sekolah. Mulai dari dekor hingga peralatan lomba. ”Penyusunan rangkaian lomba itu kami, pihak sekolah,” ungkapnya.

Pantauan Batam Pos, murid-murid SDIT Tunas Cendekia sangat antusias mengikuti setiap perlombaan. Senyum ceria terpancar dari wajah mereka.(ska)