Dua orang perawat dan bidan Puskesmas Tanjungbatu membantu persalinan Dewi Sri Wahyuni yang melahirkan di atas kapal Tera Joan, Rabu (15/8). F. Imam Sukarno/batampos.co.id

batampos.co.id – Dewi Sri Wahyuni, warga Parit Gantung, Kecamatan Kundur melahirkan bayi perempuan di speedboat Tera Joan, Rabu (15/8) lalu.
Speedboat yang ditumpangi Dewi berangkat dari Pelabuhan Tanjung Makom, Selat Beliah tujuan Tanjung Gelam, Tanjungbalai Karimun. Tidak berselang lama, Dewi mengaku sang bayi sudah mau keluar.

Seorang bidan dan perawat Puskesmas Tanjungbatu yang menemaninya langsung membantu Dewi, sehingga persalinan berjalan normal dan lancar. Selanjutnya bayi dan orangtua dirujuk ke Rumah Sakit (RS) HM Sani Tanjungbalai Karimun.

Kepala Satuan Kerja (Satker) Pelabuhan Tanjung Makom Selat Beliah Aguswandi membenarkan adanya proses melahirkan di speedboat Tera Joan.

”Penumpang yang melahirkan memang didampingi bidan dan perawat dari Puskesmas Tanjungbatu karena dirujuk ke Rumah Sakit (RS) HM Sani. Eh, malah lahir dalam perjalanan,” katanya, Jumat (17/8).

Terpisah Kepala Ruangan (Karu) Kebidanan Puskesmas Tanjungbatu, Sherly Novianti mengatakan Dewi merupakan pasien rujukan dari Puskesmas Tanjungbatu. Bersyukur saat proses persalinan di atas kapal berjalan normal, ibu dan bayi dalam kondisi sehat dan langsung dibawa ke RS HM Sani.

“Terima kasih atas kerja keras dan tanggung jawab bidan selama menjalankan tugas, mes-kipun dalam kondisi apapun mereka bekerja profesional. Terima kasih atas bantuan pihak Syahbandar, kru kapal Tera Joan dan semua yang terlibat sehingga bayi dan orang tua sehat juga selamat,” ujar Sherly. (ims)