Bendera Merah Putih sepanjang 450 meter terlihat dipasang warga di depan rumah mereka. F. Wijaya Satria/batampos.co.id

batampos.co.id – Upacara bendera memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 di Desa Penuba, Kecamatan Selayar, Jumat (17/8) berjalan lancar, namun ada yang spesial di Desa Penuba itu, bendera terpanjang se-Kabupaten Lingga terbentang di sepanjang jalan.

Iklan

Bendera tersebut hampir menutupi seluruh bagian atas bangunan dan toko di Desa Penuba. Walau lebar bendera hanya 60 cm, namun panjang bendera mencapai 450 meter. Bendera itu menjadikan pera-yaan kemerdekaan RI berbeda dengan lokasi lainnya di Kabupaten Bunda Tanah Melayu ini.

“Kami juga memberikan apresiasi kepada Kepala Desa Penuba yang telah membentangkan bendera terpanjang di Kabupaten Lingga ini,” kata Camat Selayar Dedi Supartono setelah memimpin upacara bendera di Lapangan Merdeka Desa Penuba, Jumat (17/8).

Selain bendera terpanjang, Kecamatan Selayar juga mengibarkan bendera yang tergolong besar dengan ukuran 4×7 meter. Bendera raksasa itu langsung di buat oleh sejumlah staf yang bertugas di kantor Kecamatan Selayar. Keberadaan bendera jumbo itu juga menambah semarak perayaan HUT RI.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Kecamatan Sabirin menambahkan, kado berharga di hari kemerdekaan tahun ini, Desa Penuba juga meraih juara tiga dalam lomba desa se-Kabupaten Lingga. Nanti malam (kemarin malam, red) Kepala Desa Penuba langsung menerima penghargaan dari Bupati Lingga Alias Wello.

“Kami juga berupaya agar pembangunan merata dirasakan oleh seluruh desa yang ada di Kecamatan Selayar ini. Tidak hanya di Desa Penuba saja, ke depan kami juga memperhatikan desa lainnya,” kata Sabirin.

Kecamatan Selayar menggelar upacara bendera memperingati HUT ke-73 RI di lapangan Merdeka Desa Penuba langsung dipimpin Camat Selayar Dedi Supartono dan diikuti lima ratus lebih peserta upacara. “Tahun ini paling meriah. Besok ada kegiatan senam bersama dan Minggu ada lomba gerak jalan,” kata Sabirin.(wsa)