Hujan sekejap jalan tergenang.
foto: batampos.co.id / yuyun

batampos.co.id – Sejumlah ruas jalan di Sagulung dan Batuaji kembali digenangi air saat hujan deras yang mengguyur Kota Batam Batam, Jumat (17/8). Saluran drainase jalan yang bermasalah menjadi penyebab utama banjir.

Iklan

Di jalan menuju Pelabuhan Sagulung misalkan, dilokasi itu genangan air mencapai lutut orang dewasa. Karena itu, banyak pengendara yang kewalahan saat melintas di lokasi tersebut. Pengendara baik roda dua ataupun roda empat banyak yang mutar balik karena kondisi genangan yang cukup dalam, bahkan pengendara yang tak berani melewati lokasi itu harus menunggu air surut.

“Hujannya tak sampai satu jam, jalanan langsung dikepung banjir,” Ian, pengendara yang lewat.

Dia mengatakan lokasi itu merupakan lokasi rawan banjir. Itu karena sistem saluran drainase jalan belum ditata dengan baik. Kondisi tersebut diperparah lagi dengan maraknya aktifitas clearing lahan yang ada di sekitarnya. Tanah-tanah yang terbawa arus air dari lokasi pematangan lahan membuat jalan jadi becek dan berlumpur selama banjir berlangsung.

“Drainasenya sempit. Sudah tak mampu nampung lagi,” katanya.

Hal yang sama juga terjadi di jalan Brigjen Katamso, tepatnya di seberang kantor Lurah Tanjunguncang dan arah galangan kapal. Dilokasi tersebut genangan hampir sebetis orang dewasa.

Sementara di jalan Marina City, puluhan lubang yang menganga berdiameter sekitar 50cm ditutupi genangan air. Pengendara yang lewat mengaku kewalahan dan tidak nyaman saat melewati jalan tersebut.

“Kami harus laju ekstra hati-hati, lubangnya banyak, takut terperosot,” jelas Ardian warga Permata Laguna, Batuaji. (une).