Berbagai aneka kue dan makanan disajikan
F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) adalah jenis penyakit yang perlu diwaspadi selama musim pancaroba ini. Masyarat dihimbau untuk tetap menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari serangan penyakit gangguan pernapasan itu.

Himbauan ini disampaikan oleh jajaran manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah Batam di Batuaji menyikapi banyaknya pasien Ispa yang berobat ke sana selama beberapa bulan belakangan ini.

“Meskipun tidak masuk 10 besar kategori penyakit yang rentan, tapi Ispa tetap harus diwaspadi,” ujar Humas RSUD Embung Fatimah Batam Novi, Selasa (14/8).

Sejak awal tahun lalu, jumlah pasien Ispa yang ditangani petugas medis RSUD umumnya diatas angka 20 orang perbulan. Jumlah tersebut diakui Novi cukup tinggi sebab pada umumnya penanganan penyakit Ispa biasanya lebih banyak di puskesmas atau klinik rujukan BPJS. “Kalau di sini 20 an sebulan, tentu di puskesmas atau klinik sudah angka ratusan. Makanya ini perlu diwaspadai,” ujar Novi.

Untuk mencegah penyebaran penyakit Ispa tersebut, masyarakat harus peka terhadap kebersihan lingkungan misalkan menghindari pencemaran udara, menjaga kebersihan lingkungan rumah dan lain sebagainya. “Begitu juga saat cuaca ekstrim, jangan paksakan keluar rumah. Kalau udara kotor pakailah masker penutup hidung dan lain sebagainya. Kurang aktifitas membakar di lingkungan rumah ataupun tempat kerja,” imbau Novi.

Selain Ispa penyakit yang dominan sepanjang tahun dan perlu diwaspadai adalah; Tuberculosis (TB), Neoplasma payudara atau tumor payudara dan gagal jantung. :Tiga penyakit ini masuk kategori 10 besar yang rentan. Ini juga yang harus diwaspadai,” ujar Novi. (eja)