Sejumlah pemuda melaksanakan upacara pengibaran bendera di atas laut Kampung Bugis Tanjungpinang, Jumat (17/8). F. Irwan Erang untuk batampos.co.id

batampos.co.id – Masyarakat Kampung Bugis memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Kemerdekaan RI dengan cara yang unik. Masyarakat antusias mengikuti upacara pengibaran bendera Merah Putih di atas kapal sampan di laut yang berada di samping Pelabuhan Kampung Bugis, Tanjungpinang Kota, Jumat (17/8).

Iklan

Upacara yang ditaja Aliansi Pemuda Merah Putih (APMP) tersebut digelar menggunakan sampan yang ditambat di atas laut. Dimana, sejumlah pemuda dengan khidmat melak-sanakan upacara pengibaran bendera serta menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Ketua panitia acara, Darmawangsa mengatakan, upacara pengibaran bendera di atas laut tersebut merupakan inisiatif dan kreativitas dari pemuda dan masyarakat sekitar untuk memperingati Kemerdekaan Indonesia. ”Kami ingin peringatan hari kemerdekaan menjadi lebih meriah,” katanya.

Menurutnya, kreativitas dan keunikan yang diusung pemuda Kampung Bugis tersebut, dapat menarik perhatian masyarakat lainnya untuk berbuat yang terbaik demi kemajuan bangsa. ”Semoga generasi muda lebih kreatif ke depannya,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kapolsek Tanjungpinang Kota AKP Edi Supandi mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kreativitas pemuda-pemudi Kampung Bugis. Pihaknya juga mengapresiasi seluruh masyarakat setempat yang mengikuti upacara tersebut.

Menurutnya, apa yang dilakukan pemuda setempat menjadi contoh yang baik bagi seluruh masyarakat Tanjungpinang untuk selalu mencintai tanah air. ”Upacara di daratan sudah biasa, ini jadi contoh bagi pemuda daerah lain untuk selalu kreatif,” katanya.

Pihaknya berharap agar seluruh warga tetap semangat merayakan dan memeriahkan peringatan Kemerdekaan. Terutama, kepada pemuda-pemudi agar dapat menanamkan rasa kebangsaan dan cinta Tanah Air. ”Tanamkan rasa hormat kepada pahlawan yang telah berkorban meraih kemerdekaan,” pungkasnya.(odi)