Iklan
Atlet wushu putra nomor changquan Edgar Xavier Marvelo meraih medali perak di Asian Games 2018 (Isa Bustomi/JawaPos.com)

batampos.co.id – Medali emas pertama Indonesia pada Asian Games 2018 diraih Edgar Xavier Marvelo.

Indonesia berhasil merebut medali pertama melalui cabang olahraga wushu putra di nomor changquan di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (19/8).

Edgar berhasil membawa pulang medali perak setelah berhasil melaju ke babak final dan mencatatkan poin sebesar 9,72, berbeda 0,3 poin dari peraih medali emas Sun Peiyuan (Tiongkok). Medali perunggu berhasil diraih oleh Tsai Tsemin (Taiwan) dengan catatan skor 9,70.

Tidak menyangka bisa menjejakkan kaki ke babak final, Edgar mengaku bersyukur dengan pencapaiannya tersebut.

“Tidak menyangka dengan hasil ini. Selama dua tahun berlatih untuk persiapan Asian Games 2018, Puji Tuhan bisa membuahkan hasil,” katanya usai pertandingan sembari menitikan air mata.

Edgar mengaku, medali perak yang dikalungkannya itu didapatkan berkat beberapa masukan yang didapat dari sesama atlet wushu saat ia dan timnas wushu Indonesia melakukan latihan di Tiongkok.

“Dari atlet Tiongkok dan pelatih mereka memberi masukan juga untuk kita. Memang kalau di luar lapangan, semuanya akhirnya jadi sahabat meskipun bersaing satu sama lain,” katanya.

Edgar berharap, medali perak yang diraihnya tersebut bisa menjadi pembuka yang baik untuk Indonesia. “Saya berharap peserta Indonesia dari cabang olahraga lainnya bisa terus berjuang, dan mencapai target mereka masing-masing,” katanya.

Setahun lalu, Edgar juga pernah mendapatkan medali perak di SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia.

(isa/JPC)

Advertisement
loading...