Kamis, 28 Maret 2024

Besok Idul Adha, Hewan Kurban mulai Didistribusikan

Berita Terkait

foto: eusebius / batampos

batampos.co.id – Rumah Pemotongan Hewan (RPH) di Seitemiang sibuk sejak dua hari belakangan ini. Ratusan hewan kurban yang sudah terjual mulai didistribusikan kepada para pemesan.

Sapi dan kambing diangkut menggunakan truk. Umumnya hewan kurban dipesan masih hidup sehingga didistribusikan sejak dua hari sebelum hari raya kurban. Untuk pembeli yang memintah langsung dipotong akan didistribusikan pada hari raya kurban, Rabu (22/8).

“Yang minta dipotong di sini bukan berarti kami yang potong. Kami hanya sediakan fasilitas (RPH) nanti mereka yang potong sendiri,” ujar ketua Asosiasi Pedagang Hewan Ternak Batam (APHTB) di RTH Seitemiang Kadi, Selasa (21/8).

Secara umum sebut Hadi, angka penjualan hewan kurban tahun meningkat 10 persen dari tahun sebelumnya. Sebanyak dua ribuaan ekor sapi dan 12 ribuan ekor kambing yang disediakan oleh 40 anggota APHTB hampir semuanya terjual.

“Angka penjualan mencapai 90 persen dari total semua hewan kurban yang kami datangkan. Ini meningkat 10 persen dari tahun lalu dengan jumlah sapi atau kambing yang didatangkan hampir sama,” ujar Hadi. (eja)

Update