Pekerja kios pedagang ayan Dua Mande di pasar Botania 1 Batamcenter memotong ayam pesanan pelanggannya. Harga ayam di pasar tersebut dengan harga berpariasi antara 37 hingga 38 ribu per kilo .
F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Jelang Hari Raya Idul Adha, harga ayam segar di pasar Batam naik, Senin (20/8). Saat ini satu kilo ayam segar dijual bervariasi, mulai dari Rp 38 ribu hingga Rp 39 ribu per kilogram. Padahal harga biasanya dijual Rp 36 ribu.

Iklan

“Kalau saya jual Rp 39 ribu. Jadi naik Rp 3 ribu per kilonya,” ujar Aan Wahyudi, penjual daging di Pasar Fanindo Batuaji.

Dia mengatakan kenaikan harga ayam baru terjadi hari kemarin. Penyebabnya karena permintaan masyarakat tinggi jelang hari raya.

“Naik karena mau hari raya, ditambah permintaan cukup tinggi,” katanya.

Kendati permintaan tinggi, namun pasokan ayam dari peternak ke pedagang masih normal. “Hari ini saya dapat 15 kilo ayam dari peternak, tapi terjual semua. Biasanya ayam sebanyak itu bisa dua hari baru habis,” katanya.

Hal yang sama juga disampaikan Zulfikar, penjual daging lainnya. Ia mengatakan jika harga ayam mengalami kenaikan. .

“Kami jual bervariasi, kalau saya jual Rp 38 ribu / kg. Yang lain jual di atas saya mungkin karena ayamnya lebih berat,” katanya.

Untuk harga daging sapi, Zulfikar menyebutkan masih dijual antara Rp 80 hingga Rp 87 ribu.

“Daging sapi masih harga lama,” jelasnya.

Demikian juga untuk harga komoditas seperti sayur maish terpantau norma. Harga sayur hijau lokal seperti bayam, kangkung dan sawi putih dijual antara harga Rp 8 ribu hingga Rp 10 ribu.

“Tomat, wortel, bawang, dan cabe masih normal,” ujar Murni penjual sayur di Pasar Fanindo. (une)