Bupati Karimun Aunur Rafiq bersama ribuan anggota Pramuka senam poco-poco di puncak peringatan HUT ke-57 Pramuka Indonesia yang dipusatkan di Coastal Area, Karimun, kemarin. F. Sandi Pramosinto/batampos.co.id

batampos.co.id – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Karimun menggelar apel akbar sebagai puncak penutupan HUT ke-57 Pramuka Indonesia, Senin (20/8). Ribuan peserta yang terdiri dari pelajar SD, SMP, dan SMA ini bergabung menjadi satu di pelataran Panggung Rakyat Putri Kemuning, Coastal Area yang diawali dengan senam poco poco.

’’Sesuai dengan tema peringatan HUT Pramuka Indonesia tahun ini adalah Pramuka Perekat NKRI. Untuk itu, melalui senam poco-poco bersama ini, kita harapkan semua masyarakat dari berbagai elemen yang ada di Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Karimun dapat terus meningkatkan persatuan dan kesatuan. Sehingga, terjalin kebersamaan untuk menjaga situasi yang kondusif,’’ ujar Bupati Karimun Aunur Rafiq kepada Batam Pos.

Melalui gerakan pramuka, kata Rafiq, semua gugus depan yang masuk dalam Kwarcab Pramuka Kabupaten Karimun diharapkan terus meningkatkan kegiatan-kegiatan rutin pramuka. Karena, meski pramuka sebagai salah satu ekstra kurikuler di sekolah, namun dengan kegiatan ini dapat membina mental anak-anak yang menjadi generasi penerus pembangunan.

”Selain itu, saya juga menekankan agar setiap kwartir ranting (Kwaran) harus aktif dalam melakukan pembinaan terhadap gugus depan yang ada di wilayah kerjanya. Jangan dibiarkan gugus depan itu berjalan sendiri tanpa ada pembinaan. Apalagi, kita sama-sama tahu kalau pramuka itu ikut berjuang untuk merebut kemerdekaan negara ini,’’ jelas Rafiq.

Selain itu, gerakan pramuka ini tidak hanya ada di perkotaan. Melainkan juga sampai ke desa-desa. Sehingga, tidak salah jika dikatakan gerakan pramuka itu sebagai perekat NKRI.(san)