Sabtu, 20 April 2024

Kunjungan Wisata Tinggi, Kemenpar Dorong Kepri Bentuk LSP

Berita Terkait

batampos.co.id – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mendorong Pemerintah Provinsi Kepri melalui Dinas Pariwisata (Dispar) membentuk Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dan Lembaga Sertifikasi Usaha (LSU) di Provinsi Kepri. Karena Kepri adalah grade tiga dalam pariwisata nasional.

”Kita ketahui bersama, Kepri adalah penyumbang wisman terbesar ketiga setelah Jakarta dan Bali. Tentu peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) sangat dibutuhkan di sini,” ujar Asdep Pengembangan SDM dan Hubungan Antar Lembaga, Kemenpar, Wisnu Bawa Tarunajaya usai membuka kegi-atan Uji Kompetensi Profesi di Hotel CK, Tanjungpinang.

Kegiatan tersebut bertujuan memberikan ruang kepada industri pariwisata terutama hotel dan restoran dalam meningkatan kapasitas SDM yang sudah ada. Sehingga beberapa waktu ke depan, ada standardisasi pelayanan hotel dan restoran di Indonesia.

”Maka uji kompetensi ini terus kita gesa di seluruh provinsi di Indonesia, sehingga ada standar yang sama dalam pelayanan di setiap hotel berbintang,” paparnya.

Menurut Wisnu, selain memberikan value bagi hotel dan restoran, sertifikasi yang didapat bisa meningkatkan kepercayaan diri dalam memberikan pelayanan. Baik itu di front office, housekeeping, dan food & beverage service. ”Sekarang ini ada 34 LSP di Indonesia, tapi belum ada yang berdiri di Kepri. Padahal Kepri tujuan wisata. Maka sebaiknya digesa,” tegas Wisnu. (jpg)

Update