Sejumlah wisatawan menikmati suasana di Tanjungpinang, belum lama ini. F. Yusnadi/batampos.co.id

batampos.co.id – Ratusan wisatawan mancanegara (wisman) memanfaatkan momen Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Kemerdekaan Indonesia untuk berwisata ke Tanjungpinang dan Bintan. Hal tersebut terbukti dengan adanya peningkatan kedatangan dan keberangkatan wisatawan pada hari libur melalui pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP), Tanjungpinang.

Kepala Pos Imigrasi Pelabuhan Internasional SBP Tanjungpinang, Daniel Maxrinto mengatakan, jumlah keberangkatan dan kedatangan wisatawan terus meningkat setiap hari libur nasional. Tercatat, ada sebanyak 1.332 wisatawan yang masuk ke Tanjungpinang. Sedangkan jumlah keberangkatan sebanyak 1.646 wisatawan yang berangkat ke luar negeri melalui pelabuhan SBP Tanjungpinang.

”Jumlah tersebut total dari keberangkatan dan kedatangan pada 16 dan 17 Agustus lalu,” jelas Daniel, Senin (20/8).

Wisatawan yang masuk ke Tanjungpinang, lanjut Daniel, rata-rata wisatawan asal Tongkok, Malaysia dan Singapura. Tujuannya untuk mengunjungi tempat wisata di Pulau Bintan. Namun, ada juga yang mengaku hendak mengunjungi keluarga di Tanjungpinang. ”Kalau dirata-ratakan, ada 500 orang per hari yang masuk ke Tanjungpinang,” katanya.

Hingga saat ini, kata Daniel, pihaknya belum mendapati wisatawan atau pun Warga Negara Asing (WNA) yang tidak memiliki tujuan yang jelas masuk ke Tanjungpinang. Pihak Imigrasi maupun negara Indonesia secara umum, secara tegas menolak warga asing yang tidak punya kepentingan untuk datang ke Indonesia, khususnya Tanjungpinang.

Pihaknya juga terus bekerja sama dengan instansi terkait lainnya untuk mengawasi WNA yang hendak masuk melalui pelabuhan dan bandara atau pun yang telah masuk ke Indonesia. ”Sementara belum ada wisatawan atau WNA yang kami tolak untuk masuk ke Tanjungpinang,” pungkasnya. (odi)