Salat ied di dataran Engku Putri

batampos.co.id – Kementerian Agama (Kemenag) Batam sudah mendata lokasi pelaksanaan salat Idul Adha 1439 hijriah, Rabu (22/8). Pelaksanaan ibadah ini akan dipusatkan di Dataran Engku Puteri Batamcenter.

“Tetap ikut perhitungan rukyat yang di Indonesia, jadi tidak ikut Arab Saudi,” kata dia, Senin (20/8).

Ia menjelaskan semua organisasi baik Mihammadiyah dan Nahdatul Ulama (NU) sepakat dengan pemerintah untuk pelaksanaan salat id ini. “Walaupun di sana (Arab Saudi, red) sudah wukuf, kita tetap berpatokan dengan perhitungan yang sebelumnya telah ada,” ujarnya.

Pria yang juga berprofesi sebagai dosen ini mengungkapkan saat ini ada 561 titik salat yang sudah mendaftarkan diri ke Kemenag terkait pelaksanaan salat id. Jumlah ini meningkat dari salat Idul Fitri beberapa bulan lalu.

Ia menyebutkan berbagai persiapan sudah rampung dilaksanakan termasuk berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Batam. Masyarakat yang ingin salat di Dataran Engku Puteri diharapkan membawa alat salat sendiri dan datang sebelum salat di mulai.

“Jam 07.00 WIB kita sudah mulai. Kalau bawa alas sajadah seperti koran jangan lupa dirapikan kembali,” imbaunya.

Selain lokasi salat, salah satu yang tak kalah penting adalah ibadah kurban. Tahun ini jumlah hewan kurban baik sapi mencapai 2.652 ekor. Jumlah ini masih bisa bertambah sebelum dilaksanakannya ibadah salat id.

“Alhamdulillah tahun ini jumlah kurban kita naik terutama sapi. Tahun ini ada 968 sapi yang dikurbankan. Naik 10 persen dari tahun lalu,” ucap Erizal.

Demi menghindari penumpukan pendistribusian daging kurban. Pihaknya sudah mendata beberapa pulau yang ada di pesisir untuk bisa mendapatkan daging kurban ini.

“Jadi memang kita menyasar mereka yang sangat jarang mendapatkan daging. Di saat momen ini kami ingin berbagi bersama mereka,” jelasnya. (yui)