Iklan
Warga membeli perlengkapan bumbu untuk memasak daging buat lebaran Idul Adha di Pasar Tibancentre, sekupang, Selasa (21/8). Bumbu-bumbu ini habis dibeli warga. F Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Warga berburu berbagai macam kebutuhan dalam menyambut Idul Adha di Pasar Tibancenter, Sekupang, Selasa (21/8). Pembeli terlihat mengantri untuk mendapatkan santan murni sebagai bahan pokok dalam membuat aneka makanan seperti opor ini.

Rahmat, penjual santan terlihat kewalahan melayani permintaan yang datang dari pembeli. Ibu-ibu terlihat mengantri demi mendapatkan santan dari kios miliknya.

“Antri ya buk, santannya masih ada,” kata dia sembari menimbang santan yang dipesan pembeli.

Ia menjelaskan permintaan meningkat 150 persen dari hari biasanya. Suasana menyambut Idul Adha ini dia bersama karyawannya tidak hentinya didatangi pembeli.

Rahmat mengatakan satu kilo santan dijual Rp 24 ribu, harga ini naik dari dua hari sebelumnya yang hanya Rp 20 ribu per kilogramnya.

“Memang naik, sebab permintaan juga meningkat,” ujarnya.

Kios miliknya yang buka dari pukul 06.00 WIB ini terus mendapatkan pembeli. Menurutnya beberapa penjual santan lainnya sudah kehabisan bahan kelapan sehingga permintaan di kiosnya membludak.

“Mungkin karena beberapa pedagang sudah kehabisan stok juga. Hari ini saja karyawan lembur,” ucap Rahmat.

Selain santan, kebutuhan lain yang diburu pembeli adalah sarang ketupat. Berbagai macam ukuran disediakan pedagang sesuai kebutuhan pembeli.

Nuraini, penjual sarang ketupat di Pasar Tibancenter mengatakan permintaan meningkat satu hari menjelang perayaan lebaran Idul Adha.

“Ini baru datang barangnya. Tadi pagi sudah habis diborong,” lanjutnya.

Sementara itu pantauan Batam Pos di Pasar Tibancenter buncis dijual Rp 20 ribu per kilogramnya, cabai Rp 44 ribu, ayam segar Rp 42 ribu perkilogramnya.(yui)

Advertisement
loading...