batampos.co.id – Hari Raya Idul Adha selalu identik dengan pemotongan hewan qurban. Di Masjid Agung Batam, Wali Kota Batam Muhammad Rudi berkurban satu ekor sapi sementara Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam berkurban kambing jumbo.

Iklan

“Pak Wakil Wali Kota di Masjid Baiturahman Sekupang, satu ekor sapi juga,” kata Ketua Lembaga Amil Zakat Masjid Raya Batam, Syarifuddin, Selasa (21/8) siang.

Ia mengatakan, hingga Selasa (21/8) siang, jumlah hewan qurban yang dipercayakan untuk diqurbankan di Masjid Agung mencapai 129 hewan qurban, dengan rincian 110 ekor kambing dan 19 ekor sapi. Ia berharap, akan ada tambahan hewan-hewan qurban lagi.

Ia mengungkapkan, jumlah tersebut sudah termasuk qurban dermawan dari Singapura, dengan jumlah qurban dua ekor sapi dan 22 ekor kambing. Tidak hanya itu, di lokasi ini juga dipercaya pihak Kejaksaaan Negeri Batam yakni 3 ekor sapi dan 8 ekor kambing.

“Ada juga dari Bank BJB dan Gojek,” kata dia.

Sementara itu, Assisten Pemerintahan Pemko Batam Yusfa Hendri pasca salat idul adha di Dataran Engkuputri Batam, Wali Kota Batam Muhammad Rudi akan menyerahkan qurban di Masjid Agung Batam, sementara Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad setelah salat id di Sungai Harapan Sekupang akan menyerahkan hewan qurban di Masjid Baiturahman Sekupang.

“Selain titik salat lain, salat id yang merupakan agenda Pemko Batam di dua tempat di Engkuputri dan Seiharapan, kita sudah menerima dua masjid itu (Masjid Agung dan Masjid Baiturahman, pelaksanaannya pun di dua lokasi itu,” pungkasnya. (iza)