foto: batampos / yulitavia

batampos.co.id – Rumah Pemotongan Hewan (RPH) di Seitemiang sibuk sepanjang hari Selasa (21/8), kemarin. Pemilik kandang hewan kurban yang tergabung dalam Asosiasi Pedagang Hewan Ternak Batam (APHTB) mulai mendistribusikan hewan kurban yang sudah terjual kepada para pemesan.

Pantauan di lapangan, puluhan kendaraan truk hilir mudik mengangkut sapi dan kambing dari lokasi RTH tersebut. Pendistribusian hewan kurban sudah dilakukan sejak, Senin (20/8) pagi namun kemarin adalah puncaknya sehingga para pemilik kandang benar-benar sibuk.

Ketua APHTB RTH Seitemiang Kadi menuturkan, pada umumnya hewan kurban yang dipesan konsumen dalam kondisi hidup sehingga harus diantar minimal sehari sebelum hari raya Idul Adha. Sementara bagi mereka yang minta langsung dipotong di lokasi RTH akan disalurkan pada hari hal perayaan kurban. “Kebanyakan yang beli hidup. Kalau yang potong di sini paling belasan ekor saja,” ujar pemilik kandang Jagal Utama tersebut, kemarin.

Secara umum sebut Kadi, angka penjualan hewan kurban tahun meningkat 10 persen dari tahun sebelumnya. Sebanyak dua ribuaan ekor sapi dan 12 ribuan ekor kambing yang disediakan oleh 40 anggota APHTB hampir semuanya terjual. “Angka penjualan mencapai 90 persen dari total semua hewan kurban yang kami datangkan. Ini meningkat 10 persen dari tahun lalu dengan jumlah sapi atau kambing yang didatangkan hampir sama,” ujar Hadi. (eja)