Panitia kurban sedang memotong daging di Masjid Jamik Baiturrahim, Tarempa, Rabu (22/8). F. Syahid/batampos.co.id

batampos.co.id – Sebanyak 202 hewan kurban disembelih pada perayaan Hari Raya Idul Adha 1439 tahun 2018 di Kabupaten Kepulauan Anambas. Semuanya sapi, karena di Anambas tidak ada kambing.

Ke-202 sapi tersebut terbagi di tujuh kecamatan. Untuk kecamatan Siantan sebanyak 50 sapi, Siantan Timur 12 sapi, Siantan Selatan 19 sapi, Siantan Tengah 10, Palmatak 63 sapi, Kecamatan Jemaja 33 dan Jemaja Timur 15 ekor.

”Jadi, jumlahnya 202 ekor hewan kurban,” ungkap Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Anambas Adam Nur, Rabu (22/8).

Sapi yang disembelih tersebut rata-rata berasal dari Kecamatan Siantan, Kecamatan Jemaja dan Palmatak. Namun ada beberapa didatangkan dari Midai Kabupaten Natuna. Jika dilihat dari bentuk dan ukuran fisik, se-perti sapi Bali. Tapi warga Tarempa menyebutnya sapi Kijang dan sapi kampung.

Karena menggunakan sapi, masyarakat Anambas membeli hewan kurban secara berkelompok atau patungan. Satu sapi dibayar oleh tujuh orang. ”Harganya Rp 14 juta per ekor, jadi, masing-masing peserta kurban membayar Rp 2 juta,” ungkapnya lagi.

Sementara itu, kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas Rio Rizal, menjelaskan. Dari jumlah keseluruhan sapi kurban di Anambas, dari pemerintah daerah menyerahkan sebanyak 42 sapi. ”Untuk jumlah hewan kurban dari Pemda ada 42 ekor,” ungkapnya kepada wartawan, kemarin.(sya)