batampos.co.id – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Kepulauan Anambas menyelenggarakan Festival Inai atau menghiasi jari tangan dengan tinta khusus. Festival ini juga merupakan rangkaian kegiatan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73 di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Anambas Masykur, menjelaskan menghias tangan merupakan tradisi turun temurun yang sakral. Biasanya dilakukan pada prosesi acara pernikahan. Kedua mempelai dihiasi inai pada malam perkawinan.

Selain berinai terdapat sejumlah kegiatan lain yang dilaksanakan seperti pawai pembangunan dan malam hiburan. ”Agenda-agenda yang kita laksanakan pada tahun ini sangat menarik animo masyarakat untuk datang karena bersampena dengan HUT ke-73 RI,” ujar Masykur.

Proses berinai yang diangkat adalah tata cara berinai menurut masyarakat Anambas, dari mulai mempersiapkan bahan, tata cara sampai dengan prosesinya. ”Pelan tapi pasti kita akan bangkitkan tradisi dan budaya melalui event-event yang diselenggarakan sebagai salah satu daya tarik bagi wisatawan,” jelasnya.

Anambas, lanjut Masykur, sangat kaya dengan khazanah budaya yang sangat luar biasa. Kekayaan itu menurut dia akan dipoles sedemikian rupa hingga mampu menjadi suatu pesona yang menjadi daya tarik tersendiri.

”Dalam setiap event yang diselenggarakan kita akan eksplor khazanah budaya yang membuat wisatawan terperangah,” bebernya.

Agar terealisasi, maka pihaknya melibatkan pihak-pihak yang bersinggungan agar dapat memberikan saran dan masukan supaya kegiatan yang dilaksanakan tepat sasaran serta dapat mempertahan-kan tradisi seni dan budaya di Anambas. ”Ini butuh kerja keras dan kebersamaan, dengan melibatkan semua pihak,” pungkasnya.(sya)

Advertisement
loading...