Kamis, 18 April 2024

Jadikan Ibrahim sebagai Teladan

Berita Terkait

Gubernur Kepri Nurdin Basirun didampingi Wakil Gubernur Kepri Isdianto menyerahkan hewan kurban, Rabu (22/8). F. Imam Soekarno/batampos.co.id

batampos.co.id – Gerimis mewarnai pelaksanaan salat Idul Adha yang dipusatkan di lapangan sepak bola Gelora Tanjungbatu Kota, Rabu (22/8). Gerimis turun saat Gubernur Kepri Nurdin Basirun membacakan isi khutbah Idul Adha. Akibatnya, sejumlah jemaah ada yang pindah berteduh namun ada juga yang tetap bertahan.

Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengatakan kisah pengorbanan Nabi Ibrahim AS yang menjadi cikal bakal peristiwa Idul Adha dapat dijadikan pedoman untuk mengerjakan pembangunan di Kepri. Termasuk konsep pembangunan masyarakat dan negeri saat Nabi Ibrahim merancang pembangunan Kota Makkah.

”Semangat kepatuhan dan pengorbanan secara ikhlas itulah kita gunakan untuk membangun Kepri,” ujar Nurdin

dalam khutbahnya saat menjadi khatib. Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Gubernur Kepri Isdianto, Sekretaris Daerah TS Arif Fadillah, Asisten Pemerintahan Kabupaten Karimun Muhammad Tang beserta jajaran OPD Provinsi Kepri.

Nurdin bercerita tentang perjalanan kisah Nabi Ibrahim AS. Menurut Nurdin ada banyak kisah yang patut diteladani dan salah satunya kisah Nabi Ibrahim. Pertama tentang kokoh dalam keimanan yang tertanam sejak Ibrahim masih kecil. Dia selalu gelisah tiap melihat praktik penyembahan berhala, bahkan yang dilakukan oleh orangtuanya sendiri.

”Saat ini kita dihadapkan dengan berhala zaman mo-dern yakni sifat mencintai dunia dan gila akan harta,” ujar Nurdin.

Untuk itu, Nurdin mengajak semua jemaah untuk hidup dengan mengimani Allah SWT dan berpedoman dengan Alquran. ”Keimanan yang kokoh akan melahirkan akhlak yang mulia,” lanjut Nurdin.

Sebelum meninggalkan lokasi salat, Nurdin bersama-sama Wagub Isdianto dan Sekda Arif menyerahkan tiga ekor sapi. Hewan kurban tersebut disalurkan ke PHBI Kundur, Masjid Al Furqan, Kundur Utara, dan Masjid Besar Kundur Barat. ”Semoga semua masyarakat yang berhak dapat menikmati daging pada Lebaran tahun ini,” tutup Nurdin. (ims)

Update