Kamis, 25 April 2024

Ketika Keluarga Dua Korea Reunian

Berita Terkait

Ilustrasi sedihnya suasana reuni keluarga Korea yang terpisah 70 tahun (CNN)

batampos.co.id – Kapan orangtuanya meninggal dan di mana mereka dimakamkan?

Itulah yang ditanyakan oleh warga Korea Selatan (korsel) Park Ki Dong, saat reuni dengan saudaranya dari Korea Utara (Korut).

Dilansir Channel News Asia pada Rabu, (22/8), akhirnya Park Ki Dong menemukan jawabannya minggu ini setelah beberapa dekade tak tahu apa-apa. Ia kecewa dengan apa yang dia dengar ketika dia bertemu saudara laki-laki dan perempuannya untuk pertama kalinya dalam hampir 70 tahun di sebuah reuni minggu ini.

Ketika Semenanjung Korea dibagi dua oleh AS dan Uni Soviet (Rusia) setelah Perang Dunia II, keluarga itu tinggal di Provinsi Hwanghae, yang kemudian menjadi bagian dari Korsel.

Park menuju ke acara reuni di Resor Gunung Kumgang.

“Hati saya dipenuhi seribu emosi. Saya sudah menunggu begitu lama. Tapi acara sebenarnya mengecewakan.”

Saudara laki-lakinya dari Korut, Pak Sam Dong, 14 tahun lebih muda darinya, menunjukkan kepadanya lusinan foto keluarga, menunjuk dan memberitahunya, “Ini kamu.”

Park Ki Dong menatap foto-foto itu dalam-dalam. Hatinya tenggelam dalam pikirannya. Ia menangis.

“Mereka berusia dua dan enam tahun ketika kami terpisah tetapi sekarang mereka sudah tua,” kata Park kepada AFP setelah kembali ke Korsel.

“Saya pikir mereka akan baik-baik saja tetapi ketika saya bertemu mereka, mereka seperti salah satu tentara Tentara Rakyat (Korut) yang gelap dan kurus,” ujar Park.

Keluarganya di Korut bergantung pada sistem ransum publik Korut. Lembaga bantuan sering tidak dapat diandalkan.

“Palang Merah mengatakan kepada kami bahwa kami tidak dapat memberi mereka lebih dari USD 300, jadi saya memberi mereka masing-masing USD 300 karena kami tidak dapat melanggar peraturan itu,” kata Park sedih.

“Saya juga memberi mereka cincin emas yang saya pakai dan jam tangan yang saya beli bersama dengan empat koper pakaian,” terang Park.

Mereka memiliki banyak waktu untuk berbicara, dan semua pertanyaan saya telah dijawab. “Karena kami menghabiskan beberapa dekade terpisah, ideologi dan cara berpikir mereka terlalu berbeda,” ujar Park.

Misalnya, lanjut Park, mereka mengatakan pertemuan kami adalah karena kebajikan dari pemimpin Korut tersayang. Tapi di sisi lain, semua lahan pertanian kami disita dan mereka diusir dan hidup miskin di bagian lain negara itu.

(ina/JPC)

Update