Dunia Fantasi atau yang sering disebut dengan Dufan adalah wahana wisata populer yang selalu ramai pengunjung. Rata-rata masyarakat mengenal tempat wisata ini.

Dufan ini masih termasuk bagian kawasan wisata dari Taman Impian Jaya Ancol. Kawasan Ancol ini dibangun pada tahun 1996 dan yang menjadi pengelolanya adalah pemerintah Jakarta.

Tentunya tak lepas dari bantuan masyarakat sekitar. Sampai saat inipun, Ancol masih menjadi andalan wisata di Jakarta dengan berbagai wahana seru yang ditawarkan, salah satunya Dufan.

Selain wahana, berbagai fasilitas juga bisa dinikmati oleh pengunjung seperti; hotel, tempat makan, toko-toko, dll.

Dufan sangat cocok menjadi destinasi wisata liburan anda dan keluarga. Tak heran, jika keberadaannya sangat terkenal.

Harga tiket dufan yang ditawarkan juga beragam, mulai dari yang mahal hingga murah. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa Dufan ini memiliki banyak wahana seru.

Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

1Wahana Turangga-Rangga Dufan

Wahana ini lebih populer disebut dengan komidi putar. Disini, anda akan berputar-putar di atas kuda atau bangku-bangku. Wahana yang satu ini cocok untuk dibuat bersantai-santai karena memang dirancang demikian.

2Wahana Kora-Kora Dufan

Selain komidi putar, wahana lainnya yang bisa anda nikmati di sana adalah Kora-Kora atau disebut juga dengan perahu ayun. Perahunya cukup besar dan berayun-ayun ke depan dan belakang dengan cukup kencang. Bagi anda yang ingin mencobanya harus siapkan keberanian dulu dan tentunya ini menjadi hal yang menegangkan untuk anda.

3Wahana Hysteria Dufan

Wahana lainnya yang bisa anda nikmati di Dufan adalah Hysteria. Wahana ini tergolong permainan yang dapat memacu adrenalin anda. Anda seolah dilempar ke atas dan dalam waktu yang sangat singkat anda akan dilemparkan ke bawah. Kebayang bukan bagaimana kagetnya? Hal ini tidak hanya sekali dilakukan, namun secara berulang. Yang pasti, mencoba hysteria ini akan membuat anda berteriak seru sekaligus takut.

4Wahana Tornado Dufan

Jika anda ingin merasakan sensasi duduk terbalik, wahana tornado ini cocok untuk anda pilih. Anda akan duduk berjajar dengan penumpang yang lain dengan posisi saling membelakangi. Setelah itu, anda akan dijungkir balikkan di atas udara dan pada saat turun juga demikian. Wahana ini tergolong yang paling ekstrim dan tentunya dapat memacu adrenalin anda.

5Wahana Kicir-Kicir Dufan

Wahana kicir-kicir ini juga disebut dengan Power Surge. Jika anda menaiki wahana ini, maka bersiap-siaplah untuk dibawa berputar-putar 3600 dengan posisi melintir dan meluncur. Memang tergolong ekstrim juga, dan dapat dipastikan anda akan berteriak kencang menaiki wahana ini.

6Wahana Ontang-Anting Dufan

Ontang-anting ini seperti kursi terbang di udara. Dengan wahana ini, anda akan berada di ketinggian, lalu diputar-putar di udara. Walau demikian, wahana ini tidak tergolong yang ekstrim. Saat bergerak di udara, anda akan mendengar bunyi “ting ting ting”. Sangat unik, menakjubkan dan tentunya seru untuk anda nikmati.

7Wahana Halilintar Dufan

Wahana lainnya yang bisa anda nikmati di Dufan adalah Halilintar. Wahana ini tergolong ekstrem, dan jantung anda akan berdetak lebih kencang. Wahana halilintar ini berupa kereta biasa, kereta tersebut akan melewati rel yang berbentuk bulat. Disinilah sensasinya, saat melewati rel tersebut anda akan merasa terbalik. Selain bentuk rel yang bulat, ada juga jalur rel yang berbentuk turunan juga tanjakan tinggi, bahkan ada yang menukik.

8Wahana Niagara Dufan

Wahana niagara ini tak beda jauh dengan arung jeram. Artinya, wahana ini termasuk wahana air. Anda akan meluncur ke kubangan air dengan perahu yang anda naiki dari ketinggian beberapa meter. Permainan ini sangat seru karena saat anda akan masuk ke kubangan air, maka air akan terciprat pada anda.

9Wahana Bianglala Dufan

Wahana bianglala adalah sebuah kincir yang berukuran cukup besar. Kincir ini siap membawa anda pada ketinggian. Menaiki wahana ini seperi sedang melayang di udara. Cukup seru dan anda pun bisa melihat pemandangan sekitar dari ketinggian saat sedang berada di posisi atas. Wahana ini tidak tergolong ekstrim.

Itulah beberapa wahana yang bisa anda nikmati di Dufan dan masih ada banyak lagi wahana lainnya yang tidak disebutkan. Berlibur di Dufan adalag pilihan terbaik untuk anda dan keluarga yang mencari keseruan. (*)