Jumat, 29 Maret 2024

Penerimaan CPNS Kepri Terancam Batal

Berita Terkait

batampos.co.id – Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemprov Kepri tahun 2018 ini terancam batal. Pasalnya, hingga saat ini, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (Kemenpan RB) belum memberikan penjelasan pasti terkait penerimaan tersebut.

”Belum ada kepastian yang kita dapat. Apalagi sedang terjadi transisi kepemimpinan di MenPAN-RB,” ujar Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Kaban KPSDM) Provinsi Kepri, Firdaus menjawab pertanyaan media, Kamis (23/8) di Kantor DPRD Kepri, Tanjungpinang.

Mantan Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana (Ortal) Pemprov Kepri tersebut menegaskan, dari informasi yang didapat pihaknya, MenPAN-RB yang baru akan tetap menjalankan program kerja menteri sebelumnya. Artinya rencana penerimaan CPNS 2018 tahun ini tetap terbuka peluang untuk dilaksanakan.

”Pada prinsipnya kita me­nunggu kebijakan dari pusat. Ketika diputuskan jadi, tentu daerah siap untuk melaksanakannya,” tegas Firdaus.

Menurutnya, keinginan Pemprov Kepri sekarang ini adalah untuk menambah 400 Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui seleksi CPNS tahun ini. Rincian kebutuhan tersebut sudah disampaikan ke Ba­dan Kepegawaian Nasional (BKN). Terkait kuota CPNS, Kemenpan RB yang punya kewenangan untuk mengkaji lebih lanjut atas usulan yang sudah disampaikan ke BKN. ”Kita berharap formasi yang disetujui sesuai dengan yang telah diusulkan.

”Prioritas kita adalah guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis” paparnya.

Disebutkannya, formasi yang diajukan terdiri dari 98 untuk tenaga kesehatan, 193 guru, dan 109 tenaga administrasi umum.

Seperti informasi teknologi, planologi, keuangan, dan sebagainya. ”Khusus bagi guru, kita tentu ingin membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang andal. Haparan kita, tenaga pendidik di daerah terdepan diberikan peluang le­bih menjadi ASN,” paparnya.

Sejak 2015 sampai 2018 berjalan ini sekitar seratusan pegawai di lingkungan Pemprov Kepri purnatugas. Atas dasar itu, formasi yang diajukan menyesuaikan dengan kebutuhan tersebut. Me-ngacu pada hal itu, kata Firdaus, Pemprov Kepri masih membutuhkan banyak Sumber Daya Manusia (SDM) di berbagai bidang kebutuhan.

”Harus kita akui, Pemprov Kepri masih membutuhkan banyak SDM di berbagai posisi strategis yang tersebar di sejuruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kepri,” tutupnya.(jpg)

Update