Tamsir. F. Slamet/batampos.co.id

batampos.co.id – Dinas Pendidikan (Disdik) Pemkab Bintan menargetkan akhir Oktober 2018, bantuan seragam sekolah gratis bagi siswa SD/MI dan SMP/MTs se-Kabupaten Bintan akan didistribusikan.

”Iya, kita targetkan akhir Oktober ini, program bantuan seragam sekolah gratis sudah bisa kita distribusikan,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan, Tamsir.

Dijelaskannya, anak masuk sekolah mulai pertengahan Juli 2018. Kemudian, mulai dilakukan pengukuran seragam sekolah sampai akhir Juli 2018. Jika tak ada persoalan, Oktober telah didistribusikan ke masing-masing sekolah.

”Tahun kemarin juga Oktober didistribusikan. Saat ini lagi proses produksi, sudah 20 persen selesai,” katanya.

Tamsir mengatakan, perlengkapan seragam sekolah gratis bagi murid baru, baik tingkat Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan setingkatnya merupakan komitmen dari Bupati Bintan Apri Sujadi dalam mendukung sektor pendidikan.

”Pak Bupati ingin agar program ini terus berlangsung untuk meringankan beban masyarakat terhadap kebutuhan anak sekolah,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, bantuan perlengkapan sekolah gratis yang dibagikan sama seperti tahun lalu. Pemerintah akan menyerahkan lima jenis baju yang diterima murid. Ditambah, sepatu, kaos kaki, topi, dasi, tas dan buku tulis.

Untuk bantuan perlengkapan seragam sekolah gratis bagi murid baru tersebut, Pemkab Bintan sudah menganggarkan sekitar Rp 5 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Bintan tahun 2018. Di antaranya Rp 2,7 miliar untuk murid baru jenjang SD/MI dan Rp 2,3 miliar untuk murid baru jenjang SMP/MTs.(met)