Ibu-ibu dasawisma Desa Ekang Anculai bercocok tanam di pekarangan rumah. F. Kominfo Bintan untuk batampos.co.id

batampos.co.id – Desa Ekang Anculai, Kecamatan Teluk Sebong, Kabupaten Bintan dinilai sukses menjalankan program dasawisma. Karenanya, Desa Ekang Anculai dipilih menjadi titik lokasi penilaian Lomba Halaman Perkarangan Asri, Teratur, Indah dan Nyaman (Hatinya) PKK Tingkat Provinsi Kepri di Kabupaten Bintan.

Ketua Pokja 3 TP PKK Kabupaten Bintan Elyza Riani menegaskan Desa Ekang Anculai dinilai sukses menerapkan program dasawisma. Rencananya tim penilaian akan turun pada Kamis (30/8) mendatang. ”Segala persiapan dalam menyambut lomba tersebut sudah sangat siap,” ujarnya.

Bahkan, TP PKK Kabupaten Bintan, lanjutnya, juga terus berkoordinasi dengan mitra kerja terkait seperti Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perumahan dan Permukian (Perkim), Dinas Pemberdaya-an Masyarakat Desa (PMD), Dinas Pertanian, Dinas Perikanan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) serta Pemerintah Kecamatan Teluk Sebong.

”Ketua TP PKK Kabupaten Bintan, Ibu Deby Maryanti juga berpesan agar memanfaatkan perkarangan rumah untuk ekonomi keluarga,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Desa Ekang Anculai Kartini menuturkan saat ini TP PKK Desa Ekang Anculai berusaha menggerakkan ibu-ibu desa dalam memajukan perekonomian keluarga melalui pemberdayaan Kelompok Dasawisma serta KUBE.

”Saat ini kita sudah memiliki 12 kelompok dasawisma yang terdiri dari ibu-ibu yang tinggal di Desa Ekang Anculai untuk membuat kerajinan serta menjual hasil sayur–sayuran, hasil pembinaan dasawisma,” katanya.

Selain itu ibu-ibu di desa diberikan pemahaman terkait pentingnya dasawisma melalui berbagai bidang usaha, kerajinan, simpan pinjam bahkan pertanian.(met)