Ninja H2 untuk 2019. (Wilfridus Zenobius Kolo /JawaPos.com)

batampos.co.id – Kawasaki Ninja H2 yang diluncurkan 2 tahun lalu terkenal sebagai motor buas dan masuk dalam deretan motor paling kencang di dunia. Dengan performa apiknya rupanya Kawasaki masih punya celah untuk terus mengembangkannya.

Iklan

Mereka berencana menghadirkan model baru Ninja H2 untuk 2019. Jika sebelumnya Ninja H2 memiliki power menembus angka 227,8 hp. Maka model terbaru mendapat power tambahan 30 tenaga kuda.

Menariknya motor ini akan menggunakan cat yang mampu menyembuhkan goresan secara mandiri.

Dikutip Motorcycle.com, Senin (20/8/2018), teknologi cat itu disebut Kawasaki’s Durable Paint yang digunakan pada semua bagian bodywork non-karbon. Artinya bila cat motor tergores maka dalam beberapa waktu goresan itu akan hilang dengan sendirinya.

Meskipin demikian cat ini tak mampu memulihkan goresan karena koin atau kunci yang disengaja. Kawasaki Eropa mengklaim proses penyembuhan cat mandiri seperti ini pernah digunakan pabrikan mobil seperti Toyota, Mecedes-Benz dan Nissan.

Keunggulan cat yang juga disebut Self-repairing Paint ini adalah masa pemulihannya yang hanya butuh waktu 10 sampai 20 menit. Dalam masa pengembanagan teknologi cat ini diujicobakan pada Ninja 1000 untuk diagram paten.

Aplikasi paten Kawasaki untuk cat ini, bukan untuk cat penyembuhan diri itu sendiri, tetapi untuk bagaimana cat itu akan digunakan pada sepeda motor. Pengajuan paten mengungkapkan cat penyembuhan diri ini sebenarnya bersumber dari Natoco, perusahaan cat Jepang.

Nantinya Self-repairing Paint Kawasaki ini akan dibubuhkan pada beberapa titik motor H2 salah satunya permukaan tangki bahan bakar. Cat ini akan menggunakan material paduan polimer yang mencegah goresan dengan menggunakan efek trampolin yang menjaga lapisan tetap licin dan menggeser bahan abrsif pada permukaan cat.

Proses pengecatan sendiri cukup rumit dimana lapisan primer untuk pencegahan karat dan lapisan logam reflektif yang akan memcawa efek cermin pada bodi motor. Kemudian dilapisi resin keras yang tidak dapat direstorasi dan penambahan resin penyembuh sendiri

(wzk/JPC)