foto: batampos.co.id / rifki

batampos.co.id – Menikmati senja di Mesjid Cheng Ho Bengkong merupakan salah satu pilihan liburan menarik di akhir pekan.

Iklan

Mesjid ini sangat unik karena memiliki arsitektur Tiongkok. Sehingga tidak heran menjadi destinasi favorit yang dikunjungi warga Batam.

Salah seorang pengunjung Dewi Kumala baru sekali ini berkunjung ke Mesjid Cheng Ho. Ia tak bosan-bosannya berswafoto ria di depan mesjid.

“Dari dulu mau kesini. Tapi tak pernah jadi. Baru sekarang ada kesempatan, makanya kesini bareng teman-teman. Ternyata mesjidnya benar-benar unik,” ujar warga Batuaji ini, Minggu (26/8).

Masjid ini dibangun dengan luas tanah 40×40 meter, sementara ukuran masjid seluas 20×30 meter.

Sepintas jika dilihat dari jauh, mungkin orang-orang akan menyangkanya sebagai klenteng. Apalagi warnanya didominasi merah dan warna emas, sangat khas Tiongkok. Ditambah lagi kubahnya sangat mirip pagoda.

Unsur islaminya terlihat ketika mendapati lambang bulan sabit bertuliskan Allah dan kaligrafi di sisi kiri dan kanan mesjid ini.

Dan ketika memasuki bagian dalam, maka langit-langit dan lantai didominasi warna putih. Ruangan dalam mesjid ini tidak terlalu besar. Namun pemandangannya sangat anggun karena didominasi Gaya Tiongkok di mimbar dan tempat Imam melakukan sholat.

Masjid dan Kapal Laksamana Cheng Ho di Kota Batam merupakan replika dari masjid Laksamana Cheng Ho yang ada di Surabaya.

Berdasarkan sejarahnya, pembangunan mesjid ini diprakarsai oleh salah seorang pengusaha di Batam dan diresmikan pada 21 Februari 2015 oleh Menteri Pariwisata dan Menteri Bidang Kemaritiman. Dan saat ini menjadi destinasi wisata favorit warga Batam dan bahkan wisatawan luar negeri.(leo)