Sabtu, 20 April 2024

DPT Kepri 1.186.853 Pemilih

Berita Terkait

batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepri menggelar rapat pleno terbuka penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kepri untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang. Jumlahnya mencapai 1.186.853 pemilih.

”Jumlah tersebut adalah hasil pleno Kabupaten/Kota. Hari ini (kemarin, red) kami sedang melakukan pencocokan data bersama KPU Kabupaten/Kota. Karena besok (hari ini, red) DPT sudah ditetapkan,” ujar Komisioner KPU Kepri, Priyo Handoko, Kamis (30/8) di Tanjungpinang.

Dijelaskannya Priyo, KPU Tanjungpinang, Lingga, dan Anambas sudah menggelar rapat pleno penetapan DPT untuk Pemilu 2019 pada 20 Agutus lalu. Kemudian Batam, Bintan, Natuna, dan Karimun tuntas pada 21 Agustus yang lalu. Menurut Priyo, DPT yang sudah ditetapkan KPU Kabupaten/Kota adalah mengacu pada Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) yang baru.

”Maka perlu dilakukan sinkronisasi kembali dengan KPU Kabupaten/Kota. Sehingga KPU Kepri tidak salah dalam memutuskan jumlah DPT Kepri untuk Pemilu 2019,” tegas Priyo.

Menurut Priyo, jumlah DPT yang sudah ditetapkan oleh KPU Kabupaten/Kota tersebut tersebar di 5.410 Tempat Pemungutan Suara (TPS) (lihat tabel,red). Lebih lanjut katanya, jumlah DPT Kepri yang ditetapkan besok (hari ini,red) berpotensi bertambah. Karena masih ada tahapan DPT Tambahan sampai Maret mendatang.

”Kita memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada masyarakat untuk melakukan pengecekan data pemilih.

Jika masih belum terdaftar bisa melakukan pendaftaran sesuai dengan syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan,” papar Prioyo.

Ditambahkan Priyo, pleno penetapan DPT Kepri untuk Pemilu 2019 selain akan diikuti KPU Kabupaten/Kota, juga akan diawasi oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kepri.

Kemudian hasil pleno akan diteruskan ke KPU Pusat sebagai laporan. ”Harapan kita tentunya, partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 mendatang lebih meningkat dibandingkan Pemilu sebelumnya,” tutup Priyo.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Kependudukan dan Catatan Sipil (DPMD Dukcapil) Provinsi Kepri, Sardison mengatakan pihaknya terus menggesa sosialisasi kepada masyarakat untuk segera melakukan rekam KTP elektronik.

”Bagi yang sudah mengantongi Surat Keterangan (Suket) diharapkan segera mendapatkan KTP Elektronik. Sehingga bisa mendukung terwujudnya Pemilu yang baik di 2019 nanti,” ujar Sardison belum lama ini.(jpg)

Update