F. Dokumentasi Pixabay

batampos.co.id – Menjaga komponen-komponen sepeda motor agar tetap bekerja optimal itu penting. Hal ini perlu dilakukan karena komponen satu berintegrasi dengan yang lain. Misalnya shockbreaker depan sangat mempengaruhi proses pengereman.

Iklan

Shocbreaker depan wajib mendapat perhatian khusus karena ia langsung berkaitan dengan setir motor, yang menjadi pengendali motor. Jika bagian tersebut bermasalah maka rem sebagus apapun tidak akan berkerja optimal. Akhirnya motor bisa limbung atau tidak stabil saat pengereman.

Gatot Prasetyo, Kepala Bengkel Shop&Bike Ciledug, Tangerang mengatakan shockbreaker depan sangat vital dalam pengereman. Bila shock depan bermasalah motor pasti limbung saat pengereman. Apalagi dalam keadaan kencang.

“Kenapa perawatan shock lebih fokus ke bagian depan. Karena shock depan menunjang pengereman. Bila shock depan bekerja dengan baik akan mempengaruhi daya cengkran dari rem itu. Dan sebaliknya kalau lagi trouble saat ngerem malah limbung,” katanya, beberapa waktu lalu.

Ia menyarankan agar pemotor tidak menunda-nunda pengecekan dan penggantian oli shock depan karena berakibat fatal saat berkendara. Ini penting karena rem menjadi satu-satunya komponen yang bisa menahan laju motor dan shock harus didukung shocbreaker yang baik.

“Walaupun rem itu bagus. Tapi shock bekernya bagel istilahnya, motor itu tidak akan ngerem dengan baik. Kalau shocknya normal remnya bagus. Motor akan rem dengan baik dan lebih halus,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut Gatot, jika berkendara dan motor cenderung lebih berat ke kanan atau ke kiri, juga tidak stabil dikendalikan, maka sebaiknya dibawa ke bengkel untuk pengecekan. Karena berkendara dengan kondisi motor seperti itu, akan berbahaya dan melelahkan.

“Pakai motor dengan kondisi shock tidak normal itu cepat capai karena butuh energi lebih untuk mengontrol setir. Apalagi saat rem mendadak. Itu bahaya,” tukasnya.
(wzk/jpg)