batampos.co.id – Indonesia masuk sebagai kandidat tuan rumah untuk pesta olahraga dunia, Olimpiade 2032.

Boleh dibilang, Indonesia memang mampu menjalankan mandat sebagai tuan rumah dengan sangat baik. Dari segi infrastruktur, hingga penyelenggaraan dinilai nyaris sempurna.

Kesempatan itu datang tak lepas dari penilaian Indonesia dianggap sukses menggelar Asian Games 2018.

Bahkan hal itu mendapat pujian langsung dari Dewan Olimpiade Asia (OCA). Presiden OCA, Ahmad Al-Fahad Al-Sabah mengaku kagum dengan Asian Games kali ini. Hal itu dibeberkannya di hadapan Presiden RI, Joko Widodo.

“Baru saja tadi saya bertemu dengan Presiden Komite Olimpiade Internasional Bapak Thomas Bach dan juga Presiden OCA Bapak Sabah. Beliau sangat menghargai dan kagum atas kesuksesan Indonesia dalam menyelenggarakan perhelatan besar Asian Games ke-18,” ungkap Presiden Jokowi di Istana Bogor.

Menurut Presiden, pujian bukan soal penyelenggaraannya saja. Tetapi animo masyarakat yang besar serta partisipasi volunters yang banyak membuat acara ini berjalan secara meriah.

“Saya kira inilah modal kuat yang kita miliki menurut beliau. Dengan pengalaman yang kita miliki dalam penyelenggaraan Asian Games ke-18 ini, maka kita Indonesia yakin untuk juga bisa dan mampu menjadi tuan rumah untuk perhelatan yang lebih besar,” sambung Presiden Jokowi.

laman twitter @jokowi

Oleh sebab itu, Indonesia berencana secepatnya untuk mengajukan diri sebagai kandidat tuan rumah Olimpiade 2032. Kesempatan masih terbuka lebar dan itu mendapat dukungan dari Presiden IOC, Thomas Bach.

“Asian Games telah menjadi dasar yang kuat bagi Indonesia untuk selanjutnya menjadi tuan rumah dari Olimpiade. Saya mengucapkan selamat kepada Presiden dan rakyat Indonesia atas keputusan mengajukan diri menjadi tuan rumah Olimpiade,” sahut Bach memungkasi.

(ies/JPC)

Advertisement
loading...