Xiaomi Redmi 6 dengan dual kamera utama dan sensor sidik jari. (Xiaomi)

batampos.co.id – Xiaomi Redmi 6 dan Redmi 6A segera meluncur di pasar tanah air.

Iklan

Informasi soal meluncurnya penerus smartphone keluarga ‘Redmi’ itu sebelumnya diunggah akun Instagram resmi Xiaomi Indonesia lewat sebuah teaser.

Unggahan tersebut hanya memuat gambar dengan angka ‘6’ yang didesain khusus di bagian tengahnya menyerupai lensa kamera. Ada juga sebuah tulisan ‘Xiaomi New Product Launch 4 Septenber 2018’.

Dari unggahan tersebut kemudian ramai diperbincangkan bahwa yang akan hadir adalah smartphone Xiaomi Redmi 6. Benar saja, lewat unggahan-unggahan selanjutnya, Xiaomi dipastikan akan membawa Redmi 6 dan Redmi 6A ke Indonesia.

Sejatinya keluarga Redmi 6 ada tiga varian, yakni Redmi 6 Pro, Redmi 6, dan Redmi 6A sebagai smartphone termurah. Ketiga smartphone tersebut diumumkan dan dilepas Xiaomi ke pasaran global Juni lalu.

Seperti diberitakan sebelumnya, pembeda paling mencolok dari ketiga smartphone tersebut ada pada sektor desain. Pada Redmi 6 Pro hadir dengan desain layar kekinian lengkap dengan notch. Sementara Redmi 6 dan Redmi 6A tidak memiliki notch alias takik di atas layarnya.

Untuk Xiaomi Redmi 6 dan Redmi 6A, mengacu pada peluncuran globalnya bulan Juni lalu di negara asalnya Tiongkok. Untuk Xiaomi Redmi 6 hadir dengan chipset MediaTek Helio P22.

Helio P22 sendiri kabarnya setara dengan chipset bikinan Qualcomm, yakni Snapdragon 625. Bersanding dengan chipset-nya, ada pilihan RAM 3 GB dan 4 GB. Untuk penyimpanan internalnya pun demikian, yakni 32 GB dan 64 GB.

Xiaomi Redmi 6hadir dengan layar seluas 5,45 inci dengan aspek rasio 18:9, dan screen-to-body fitment mencapai 72,7 persen dengan resolusi HD Plus. Spesifikasi lainnya dari Redmi 6 adalah dukungan keamanan dengan pemindai sidik jari di bagian belakang, baterai
berkapasitas 3.000 mAh, set-up kamera utama ganda 12MP + 5MP, dan kamera depan 5 MP.

Sementara untuk varian termurah yakni Redmi 6A, spesifikasinya mirip dengan Redmi 6 (biasa). Pembeda yang paling mencolok yang pantas menobatkan smartphone ini sebagai smartphone murah adalah kamera belakangnya yang hanya satu dengan resolusi 13 MP. Kemudian dukungan keamanan pemindai sidik jari juga absen di smartphone murah ini.

Lainnya dari Redmi 6A adalah chipset Helio A22 dengan pilihan RAM 2 GB dan 3 GB. Pilihan penyimpanan internalnya juga demikian, yakni hadir dengan pilihan 16 GB dan 32 GB. Baterai dan kamera depannya masih mirip dengan Redmi 6 (biasa), yakni 5 MP dengan ekstrak daya sebesar 3.000 mAh.

Bicara harga, smartphone yang notabene menjadi suksesor Redmi 5 dan Redmi 5A yang sempat ‘mengguncang’ pasar Indonesia akhir tahun lalu itu tentu tak akan dibanderol mahal. Ya, lagi-lagi mengacu pada harganya di pasar global dengan kisaran mulai harga Rp 1,7 jutaan untuk Redmi 6, serta harga mulai Rp 1,3 jutaan untuk Redmi 6A. Penasaran harga resmi di tanah air berapa? Nantikan update selanjutnya hanya di kanal Teknologi JawaPos.com.

(ryn/JPC)