Kamis, 25 April 2024

2019, Dinas Lingkungan Hidup Targetkan Rp 32 Miliar Retribusi Sampah

Berita Terkait

Petugas kebersihan Kecamatan Sagulung mengangkut sampah, Senin (27/8).
Pengangkutan sampah perumahan diserahkan ke Kecamatan supaya lebih
terkontrol dan tidak terjadi penumpukan. F Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam menargetkan pendapatan dari retribusi sampah di tahun depan diangka Rp 32 miliar. Hal ini disampaikan Kepala DLH Batam, Herman Rozi, Sabtu (1/9).

Ia menjelaskan target ini lebih tinggi Rp 2 miliar dari tahun ini yang hanya Rp 30 miliar. Herman menyebutkan naiknya target pendapatan dari retribusi sampah ini disebabkan faktor semakin bertambahnya objek pelayanan sampah.

“Lebih dari dua ribu objek sampah yang ada saat ini. Kemungkinan bisa bertambah karena ada pembangunan baru dan itu membutuhkan pelayanan sampah dari DLH,” jelas dia.

Setiap bulannya DLH berhasil mengumpulkan Rp 2,1 miliar dari retribusi sampah yang ada di sembilan kecamatan di Batam. Sedangkan untuk hinternland mereka kelola mandiri jadi tidak masuk dalam pendapatan asli daerah.

Ia menyebutkan untuk mencapai target tersebut, pihak terus berupaya meminilisir kebocoran di sektor retribusi sampah ini. Saat ini retribusi paling banyak bersumber dari rumah tangga, disusul perusahaan yang beroperasi di Batam.

Mantan camat Lubukbaja ini menyebutkan selain itu pihaknya juga berupaya menekan biaya penerbitan barcode atau kode objek sampah di tahun depan.

Seperti diketahui tahun ini, DLH sudah menerapkan sistem barcode guna mengetahui dan mengontrol pendapatan yang dihasilkan dari objek sampah yang telah terdaftar di sistem DLH.

“Sekarang sebagiab rumah warga sudag dibarcode. Jadi petugas datang harus scan dulu dan itu langsung terbaca di sistem kami. Jadi bisa ketahuan berapa yang didapat perharinya. Jadi lebih transparan tak ada lagi itu kecurangan,” lanjutnya.

Ia berharap target tahun ini bisa mencapai target Rp 30 miliar, hinga periode Juli DLH sudah berhasil mendapatkan Rp 18 miliar.

Tren positif ini bisa berlanjut ke tahun selanjutnya. “Tahun ini kami optimis bisa capai target. Sistem yang sudah dibangun sedemikian ini sudah terlihat memberikan efek yang baik,” tutupnya.(yui)

Update