Kamis, 25 April 2024

Harapan Pemerintah terhadap Kunjungan Jack Ma

Berita Terkait

batampos.co.id – Presiden Joko Widodo baru saja kedatangan tamu istimewa, pengusaha kaya raya asal negeri tirai bambu, Jack Ma. Ia emang akan hadir di acara penutupan itu sebagai perwakilan panitia Asian Games 2022 di kota Hangzhou, Tiongkok.

Jack Ma bertandang ke Istana Bogor, Jawa Barat.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan dalam kunjungannya kali ini pemerintah mengusulkan kepada CEO Alibaba itu untuk membuat semacam Jack Ma Institute. Nantinya tempat itu akan menjadi semacam ‘jembatan’ bagi start up dalam negeri untuk bisa lebih berkembang.

“(Fokusnya) semua nomer pertama talent, bagaiamana mendanai start-up. Sama Nadiem (CEO Gojek), William (CEO Tokopedia) itu Mei di Bali. Karena kan target kita ada perpajakan
, logistik dari oristenasinya pos jadi logistik,” kata Rudiantara kepada wartawan Sabtu (1/9).

Ia menuturkan pengembangan sumber daya manusia diharapkan dapat membuat Indonesia menjadi pusat SDM untuk negara-negara regional. Dengan begitu, dipertimbangkan juga bagaiamana memanfaatkan platfrom yang sudah ada untuk meningkatkan ekspor khususnya dari Tiongkok.

“Talent ini jadi isu nomer satu di dunia. Saking cepatnya pertumbuhan ekonomi
ini sumber daya manusianya yang belum bisa ngejar,” ujarnya.

Namun, Rudiantara belum dapat memastikan apakah akan ada investasi terbaru dari Alibaba setelah sebelumnya unicorn tersebut mengalirkan modal ke Tokopedia beberapa waktu lalu.

(uji/JPC)

Update