Rikako Ikee, Atlet Jepang, dinobatkan sebagai atlet terbaik Asian Games 2018 (Isa Bustomi/JawaPos.com)

batampos.co.id – Perenang putri asal Jepang, Rikako Ikee dinobatkan sebagai Most Valuable Player (MPV) atau atlet terbaik pada Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang yang berlangsung pada 18 Agustus-2 September. Atlet berusia 18 tahun itu tampil dominan di multi-event terbesar se-Asia tersebut.

Iklan

Rikako berhasil meraih 6 medali emas dan dua medali perak. Atlet berparas cantik tersebut berhasil menggondol medali emas pada nomor 50 dan 100 meter gaya bebas, 50 dan 100 meter gaya kupu-kupu, estafet 4×100 meter gaya bebas, dan estafet 4 x 100m gaya ganti putri.

Selain medali emas, Rikako juga meraih dua medali perak bersama lima atlet Japang lainnya. Atlet yang memiliki tinggi 170 cm itu berhasil merebut medali kedua dari nomor nomor estafet 4×100 meter gaya bebas putri dan estafet 4×100 meter gaya ganti campuran.

“Saya sangat senang dengan capaian ini. Sesungguhnya saya terkejut saat pertama kali mendengar OCA (Olympic Council of Asia) akan memberi penghargaan ini kepada saya,” ungkap Rikako.

Rikako merupakan perenang keempat yang meraih penghargaan di Asian Games. Sebelumnya penghargaan ini diraih oleh atlet Jepang, Kosuke Hagino (2014), Park Tae-hwan (2006) dan Kosuke Kitajima (1998) pada kejuaraan yang sama.

Sang atlet sendiri tak menyangka mendapat penghargaan tersebut. Dia hanya berambisi untuk memberikan performa terbaik di setiap pertandingan yang diikutinya.

“Saya hanya ingin memberikan performa yang terbaik di setiap penampilan. Saya tidak menyangka dengan capaian ini,” tutupnya.

Berdasarkan catatan di Asian Games 2018, kontingen Jepang menduduki urutan kedua dengan 205 medali. Perinciannya 75 emas, 56 perak, dan 74 perunggu.

(isa/JPC)