ilustrasi

batampos.co.id – Keluhan warga atas keberadaan warnet yang bandel belum semuanya mendapat perhatian dari instansi pemerintah terkait.

Iklan

Padahal keberadaan warnet itu sangat meresahkan warga sebab jam operasional warnet yang tidak dibatasi memberikan dampak buruk bagi anak-anak di lingkungan sekitar. Anak- anak akan menghabiskan waktunya di warnet ketimbang harus ke sekolah.

Tidak itu saja yang lebih parah lagi, warnet yang menampung anak-anak hingga larut malam kerap mempengaruhi anak-anak untuk berbuat kriminal seperti kelompok geng motor kriminal, jambret, pencurian dan lain sebagainya.

Belakangan ini masyarakat sering mengeluhkan aksi kriminalitas anak-anak yang masih di bawah umur. Anak-anak tersebut nekat berbuat kriminal demi mendapatkan uang untuk bermain warnet.

Polsek Batuaji dan Sagulung misalnya baru-baru ini meringkus empat orang anak yang terbukti merampas dan memalak karena butuh uang untuk bermain warnet. Mereka adalah Ma, 16, Erdin, 21, yang diringkus Polsek Batuaji sedangkan Rf, 16 dan Hmk, 14, yang ditangkap Polsek Sagulung.

Kapolsek Sagulung AKP Yudha Surya mengatakan keberadaan warnet selama ini cukup berdampak buruk bagi lingkungan masyarakat sekitar. Akibat dari beroperasi sampai larut malam dan tidak membatasi usia pengunjung, anak-anak usia sekolah jadi kecanduan bermain warnet. Jika itu terjadi maka anak-anak tersebut akan nekat berbuat apa saja untuk bisa bermain di warnet.

“Itu yang mau kita cegah,” kata Yudha.

Untuk itu kedepannya pihaknya secara bertahap akan terus melakukan pengawasan terhadap anak-anak yang kerap mendatangi warnet hingga larut malam.

“Padahal setiap malam anggota sering turun patroli dan operasi cipta kondisi (cipkon), himbauan kepada orangtua untuk mengawasi anak-anak, tapi tetap saja polisi masih mendapatkan anak-anak yang melakukan aksi kriminal karena kecanduan game online,” jelas Yudha.

Sementara pihak kecamatan Sagulung berjanji akan menindak pemilik warnet yang membandel. Namun demikian sampai saat ini warnet-warnet yang selama ini sudah sering dirazia tetap saja beroperasi. Padahal warnet-warnet tersebut sudah kedapatan melakukan pelanggaran bahkan berulang kali beroperasi sampai larut malam dan tidak membatasi usia pengunjung. (une)