Kamis, 25 April 2024

Rencana Aksi GSI di Batam Terancam Batal

Berita Terkait

Kapolda Kepri saat menyalami Polwan.
foto: batampos.co.id / cecep mulyana

batampos.co.id – Polda Kepulauan Riau (Kepri) tak mengizinkan aksi Gerakan Selamatkan Indonesia (GSI) yang dijadwalkan digelar di Batam, Kamis (6/9/2018) mendatang.

Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol S Erlangga mengatakan, faktor stabilitas keamanan menjadi alasan ditolaknya aksi GSI. Hal itu sesuai dengan arahan Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto.

“Agenda itu berkaitan dengan aspek legalitas. Ada pertimbangan lain seperti HAM dan hak mengeluarkan pendapat. Kami tahu Kepri bagaimana, jadi ini demi keamanan. Kami berharap Kepri aman sehingga mendukung pembangunan nasional,” kata Erlangga ketika dihubungi, Selasa (4/9).

GSI sendiri merupakan aksi yang akan dilaksanakan di 34 provinsi di Indonesia. Pembicara yang dijadwalkan ikut dalam roadshow di antaranya, Ratna Sarumpaet, Rocky Gerung, Yudie Latif, Ahmad Dhani, dan beberapa tokoh lainnya.

Sebelumnya, agenda serupa juga mendapat penolakan di Bangka Belitung dan Palembang. Sehingga kegiatan diskusi GSI tidak jadi dilaksanakan.

Erlangga mengaku belum diketahui apakah sudah ada panitia yang melakukan pengurusan perizinan atas pelaksanaan agenda GSI di Batam.

“Nanti saya cek dulu, sudah ada atau belum pengajuannya,” ucap Erlangga.

(bbi/JPC)

Update