batampos.co.id – Banyak pengguna mobil atau motor mengeluhkan adanya butiran embun di dalam mika lampu yang membuat pencahayaan
lampu tidak maksimal. Mengganggu ketika kita berkendara membelah malam.

Iklan

Wira Sentosa, punggawa workshop Asia Cahaya Motor yang berlokasi di Jl Raya Pondok Gede 23-24, Jakarta mengatakan pengguna motor atau mobil kadang tak megetahui penyebab munculnya butir-butir embun di dalam lampu. Padahal mereka yang setiap hari menggunakan kendaraannya.

“Biasanya penyebab butiran embun menumpuk di dalam bagian mika karena saat mencuci kendaraan yang masih dalam kondisi panas. Semprotan air dari selang langsung diarahkan ke mika lampu. Hal ini yang menyebabkan timbulnya butiran embun pada lampu,” katanya pada JawaPos.com, Senin (3/9/2018).

Ia mengumpakan proses kimiawi pada mika lampu yang berembun juga biasa terjadi pada kaca mobil, dimana saat AC ditembakan langsung ke kaca mobil maka hawa dingin di dalam mobil yang berbeda dengan hawa di bagian luar mobil akan membuat kaca bagian luar mengalami pengembunan.

Masalah ini sering terjadi karena tukang cuci maupun pemilik mobil tidak menyadari bahwa hawa dingin dari semprotan air kencang yang langsung mengarah pada mika lampu yang masih panas akan membuat perubahan kimiawi yang menyebabkan mika berkeringat atau menimbulkan butiran embun.

“Kalau terpaksa harus mencuci mobil atau motor saat masih panas, sebaiknya semprotan air tak langsung diarahkan pada cover lampu tetapi guyur dari bagian kap mobil sehingga airnya mengaliratau mengucur ke mika baru dilakukan pengelapan dengan kain atau busa,” jelasnya berbagi.

Untuk mengusir butiran embun pada mika mobil atau motor sebenarnya sangat sederhana dan tidak perlu dengan cara-cara yang sulit. Cukup membuka cover lampu kemudian melonggarkan karet pada bagian belakang lampu maka embun akan hilang.

“Kalau mika lampu sudah banyak embun, longgarkan saja karet penutup di bagian belakang lampu. Lepas stu atau dua hari biar ada sirkulasi udara. Sirkulasi itu akan membuat embun akan hilang,” tukasnya. (wzk/jpg)