Kamis, 25 April 2024

Lowongan Kerja untuk 16 Ribu Orang, yang Mencari 22 Ribu Orang

Berita Terkait

Ilustrasi pelamar kerja. F. Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam mencatat selama periode Januari hingga Juli sedikitnya 16.079. Angka ini masih belum sebanding jika melihat jumlah pencari kerja (pencaker) yang mencapai 22.418 orang.

Kepala Bidang Penempatan dan Informasi Kerja, Disnaker Batam, Syafrialdi mengatakan ketersedian lowongan kerja saat ini mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, meskipun jumlahnya tidak terlalu signifikan.

“Ada peningkatan walau tak banyak. Ini sangat berdampak bagi pencaker yang setiap hari berusaha mencari pekerjaan,” kata dia, Selasa (4/9).

Ia menjelaskan sektor industri elektronik masih menjadi paling banyak menyediakan lowongan pekerjaan. Setiap hari ada penerimaan meski tidak banyak. Sedangkan sektor migas baru mulai tumbuh dan bersiap merekrut tenaga kerja dan terakhir galangan.

Menurutnya kembali menggeliatnya industri ini akan berdampak terhadap angka pencari kerja di tahun ini. Setiap hari lulusan SMK sederajat dari luar Batam yang mengurus kartu pencari kerja atau AK-1 mencapai 50-70 pencaker.

“Paling banyak itu SMK,” sebutnya.

Dari data yang ia paparkan, sampai pada Juli 2018, terdapat 22.418 pencaker, 16.079 lowongan, 13.546 penempatan, dan 5305 pencaker yang dihapuskan. Untuk pencaker yang dihapuskan, dianggap Disnaker sudah mendapat pekerjaan, karena tak lagi melapor.

Disnaker juga siap memfasilitasi perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja jika dibutuhkan. Informasi kebutuhan yang mencapai enam ribu orang di beberapa perusahaan sudah diterima, namun hingga kini belum ada perusahaan yang membutuhkan jasa Disnaker dalam menyalurkan tenaga kerja.

“Belum ada. Tapi kami siap jika dibutuhkan. Sama halnya dengan perusahaan lainnya yang beberapa waktu lalu juga membuka lowongan,” lanjutnya.

Sebelumnya beberapa perusahaan besar dikabarkan membutuhkan tenaga kerja yang jumlahnya mencapai enam ribu. Perekrutan akan dilakukan September ini hingga pertengahan tahun depan.(yui)

Update