batampos.co.id– Jajaran Direktorat Polisi Perairan (Polair) Polda Kepri menangkap kapal kayu bermuatan 10 ribu liter Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar di perairan Cempa, Kecamatan Senayang, Lingga, Jumat (31/8) lalu.

Iklan

Dirpolair Polda Kepri Kombes Benyamin Sapta mengatakan, penangkapan terhadap kapal bernama KM Surya Bakti itu bermula dari kegiatan patroli yang dilakukan anggotanya dengan kapal Patroli Polisi Barelang XXXI-3001.

”Dari patroli itu, kami mencurigai kapal kayu dengan bobot 6 GT yang dinahkodai oleh Sapar. Kemudian kami dekati untuk dilakukan peme-riksaan,” katanya, kemarin.

Dari hasil pemeriksaan itu, diketahui kapal tersebut membawa 10 ribu liter solar yang ditampung ke dalam 50 drum yang diletakkan di lambung kapal. Adapun kapal tersebut berlayar dari Cempa, Sena-yang hendak menuju Tajur Biru, Senayang.

”Kemudian kita tanyakan kelengkapan dokumen yang sah dari pemerintah, mereka tidak bisa menunjukkan dokumennya. Sehingga bisa kita pastikan ini ilegal,” tuturnya.

Karena tidak bisa menunjukkan dokumen resmi, selanjutnya kapal KM Surya Bakti itu beserta seluruh ABK dibawa Mako Ditpolairud Polda Kepri untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

”Mereka diduga melakukan pelanggaran sebagaimana dimaksud dalam pasal 53 huruf b undang-undang nomor 22 tahun 2001 tentang minyak dan gas bumi,” imbuhnya. (gie)