ilustrasi

Agar sebuah pesawat dapat tinggal landas, terbang, dan mendarat ada banyak sistem yang harus bekerja dengan sempurna. Mulai dari sistem kelistrikan, komputer, mesin, hidrolik, dan sebagainya. Namun tahukah Anda bahwa di balik aspek teknis tersebut, juga terdapat banyak hal yang terjadi pada tubuh Anda selama penerbangan? Beberapa bahkan akan mengejutkan Anda. Berikut ini beberapa hal unik yang terjadi namun belum Anda sadari.

1. Mata Anda akan terbiasa dengan suasana gelap di dalam kabin

Loading...

Ketika pesawat akan lepas landas, lampu dalam kabin akan segera dimatikan. Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa lampu kabin akan dimatikan? Padahal tidak ada hubungan antara lampu dengan mesin, atau komponen pesawat lainnya. Alasan sebenarnya adalah lampu dalam kabin dimatikan agar membiasakan mata Anda dalam kondisi yang minim cahaya.

Mungkin belum Anda sadari, tapi mata manusia membutuhkan waktu penyesuaian sepersekian detik apabila terjadi perubahan dari gelap ke terang dalam sekejap. Begitu juga sebaliknya. Contohnya, ketika Anda sedang berada dalam ruangan yang diterangi lampu, dan tiba-tiba lampu itu dimatikan, tentunya Anda tidak bisa melihat sama sekali untuk sepersekian detik bukan?

Padahal dalam penerbangan, waktu sepersekian detik itu sangatlah berharga apabila terjadi keadaan darurat. Jadi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, mata Anda tidak memerlukan penyesuaian terlebih dahulu agar dapat menilai keadaan sekitar.

2. Cairan tubuh akan berkurang cukup drastis selama penerbangan

Udara yang Anda hirup selama penerbangan adalah udara luar yang dipompa dan dikondisikan ulang. Padahal selama penerbangan, tekanan dan kelembaban udara di luar kabin pesawat sangat rendah. Hal ini yang membuat udara di pesawat terasa begitu kering. Berkat udara yang kering ini, cairan tubuh Anda terus berkurang.

Setidaknya ada 1,5 liter cairan tubuh yang terkuras selama tiga jam penerbangan. Hal ini juga yang membuat kulit dan tenggorokan terasa lebih kering. Oleh karena itu, semakin lama penerbangan Anda maka semakin banyak pula air yang wajib Anda minum. Sebaiknya hindari alkohol dan kopi karena keduanya justru dapat membuat cairan tubuh lebih cepat berkurang.

3. Kemampuan indra perasa Anda menurun selama penerbangan

Apabila Anda berada di penerbangan panjang, sudah pasti Anda akan mendapatkan makanan. Namun sadarkah Anda kalau makanan selama penerbangan akan terasa berbeda bila dinikmati setelah mendarat? Hal ini bukan disebabkan oleh kualitas makanannya, tetapi karena kemampuan indra perasa Anda yang menurun selama penerbangan.

Udara minim kelembaban ini membuat mulut lebih kering, sehingga kemampuan pengecapan Anda dapat berkurang. Namun apabila Anda terbang bersama Japan Airlines, hal ini tidak akan menjadi masalah. Sebab maskapai ini hanya menawarkan makanan karya chef terbaik dunia. Para chef terbaik ini telah meracik menu yang tetap terasa lezat selama penerbangan panjang sekalipun.

4. Kadar oksigen dalam darah akan menurun

Pernahkan Anda merasa mengantuk begitu pesawat bersiap untuk tinggal landas? Hal ini terjadi bukan karena kursi pesawat yang sangat nyaman atau kondisi Anda yang terlalu lelah. Hal ini terjadi lantaran terjadi penurunan oksigen dalam tubuh akibat penyesuaian tekanan udara dalam kabin pesawat.

Efek lain yang ditimbulkan adalah sakit kepala atau perasaan emosional yang tiba-tiba muncul. Namun bukan berarti tidak ada langkah pencegahan yang bisa diambil. Untuk memastikan aliran oksigen tetap berjalan lancar, Anda perlu duduk dengan tegak, mengambil nafas panjang, dan mengeluarkannya dengan perlahan. Dengan demikian tubuh memiliki lebih banyak kesempatan untuk menyerap oksigen.

5. Keseimbangan tubuh Anda akan sedikit terganggu

Seperti yang telah diketahui, keseimbangan sangat dipengaruhi oleh kesesuaian antara bagian telinga dalam dengan indra penglihatan. Selama penerbangan pesawat akan melakukan berbagai manuver, atau bahkan mengalami guncangan hebat akibat turbulensi.

Ketika hal ini terjadi, terdapat ketidaksesuaian respon antara indra penglihatan dan bagian telinga dalam. Mata Anda tidak melihat ada pergerakan apapun, namun telinga dalam Anda merasakan pergerakan hebat. Hal ini yang membuat Anda merasa sedikit disorientasi begitu turun dari pesawat.

Lima hal unik di atas memang bukan sesuatu yang fatal dan mengancam jiwa penumpang. Jadi Anda tidak perlu khawatir secara berlebihan. Selain itu, sudah tersedia pula beberapa cara-cara pencegahan yang bisa Anda lakukan. Dengan demikian, Anda akan tetap merasa nyaman dalam penerbangan panjang sekalipun. (*)

Loading...