Bocoran Elephone PX, smartphone dengan dual camera selfie pop up. (Dokumentasi Gizmochina)

 

Iklan

batampos.co.id –Elephone siap meramaikan tren smartphone dengan kamera pop-up. Elephone sendiri merupakan produsen smartphone lokal yang juga berbasis di Tiongkok. Sebagaimana dilansir dari laman Gizmochina, Kamis (6/9), perusahaan ini tengah bekerja pada smartphone Elephone PX.

Berbeda dengan Vivo Nex dan Oppo Find X yang hanya mengemas satu kamera selfie di bagian depan, Elephone PX justru mengemas dua kamera sekaligus yang bertindak sebagai penembak swafoto. Kedua lensanya tersemat pada modul mekanikal yang bisa naik dan turun.

Konsep desain untuk mekanisme kamera pop-up-nya mirip dengan Vivo Nex. Namun Elephone memilih untuk mengubah posisi penempatannya. Sehingga pada perangkat Elephone, kamera pop-up ditempatkan di tengah, bukan di sisi kiri seperti yang ada pada perangkat Vivo Nex.

Menariknya lagi, gambar yang bocor juga mengungkapkan bahwa smartphone Elephone PX akan hadir dengan tiga sensor kamera di bagian belakang. Pengaturan kamera belakang smartphone ini agaknya mirip dengan Huawei P20 Pro yang memegang debut sebagai smartphone pertama dengan pengaturan kamera triple.

Susunan kamera belakang Elephone PX, di antaranya, terdapat dua sensor kamera dengan lampu kilat LED di tengah. Sementara berada di bawah pengaturan kamera ganda, ada sensor kamera lain yang membuat Elephone PX memiliki tiga kamera utama.
Seluruh pengaturan ditempatkan di sudut kiri atas. Ponsel ini juga dilengkapi dengan sensor sidik jari yang dipasang di panel belakang.

Sejauh ini tidak ada informasi tentang spesifikasi Elephone PX. Namun sejumlah rumor yang beredar memperkirakan bahwa smartphone ini akan mengemas spesifikasi canggih. Soal peluncuran, sepertinya peluncuran Elephone PX tidak akan lama lagi, tetapi belum ada pengumuman resmi dari perusahaan kapan smartphone ini akan hadir di pasaran Tiongkok.

Sekadar informasi, smartphone dengan modul mekanikal pop-up memang disebut akan booming beberapa waktu ke depan. Bukan tanpa alasan vendor smartphone mengemas desain tersebut. Sebab dengan menempatkan kamera depan terpisah, baik menyatu dengan modul kamera utama ataupun tidak, produsen smartphone lebih leluasa menyematkan layar yang luas di perangkat smartphone mereka, tanpa bingung memikirkan kamera selfie akan ditempatkan.

Saat ini antarvendor memang banyak berlomba mengejar desain layar selebar mungkin. Mengedepankan aspek bezel-less, masing-masing vendor berpacu untuk membuat smartphone dengan layar yang lega dan bingkai tipis. Untuk pasar smartphone Indonesia, tercatat baru Oppo dengan Find X-nya saja yang sudah resmi meluncurkan smartphone layar superlega dan desain kamera pop up. (ryn/jpg)